Dinas Koperasi Sosialisasi Kebijakan Bagi Pelaku UKM

Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanuddn menyematkan tanda kepada peserta sosialisasi kebijakan UKM yang digelar di Hotel Serasan Sekundang, Selasa (25/4/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Muara Enim menyosialisasikan kebijakan bagi para pelaku UKM di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Selasa (25/4/2017).

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar yang diwakili Sekretaris Daerah Hasanuddin dalam sambutannya, mengatakan UKM merupakan kekuatan perekonomian daerah, namun saat ini banyak UKM yang sulit berkembang sehingga tergerus karena susah mendapatkan modal.

“Melalui kegiatan ini diharapkan UKM dapat mengetahui cara mendapatkan modal tambahan dari lembaga penyalur kredit,” ujar Hasanuddin.


Berita Lain:


Hasanudin melanjutkan, Pemkab Muara Enim terus membantu sektor UKM agar terus berkembang dengan menyiapkan dana kredit yang disalurkan melalui lembaga penyalur kredit seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

“Namun karena kurangnya pengetahuan untuk mendapatkan kredit tersebut, dana itu sering kali tidak tersalur kepada UKM. Selain itu, lembaga penyalur yang tak mau ambil risiko juga menjadi alasan tidak tersalurnya dana tersebut,” lanjut Sekda.

Pada kesempatan tersebut, Sekda berharap kepada BPR Gerbang Serasan agar mensosialisasikan kredit UKM, sehingga dapat membantu UKM yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk berkembang sehingga Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera dapat tercapai.

Panitia kegiatan Hayadi mengatakan jumlah peserta pada kegiatan tersebut sebanyak 160 orang,  terbagi menjadi dua kelompok.

“Ada dua kelompok dalam kegiatan ini yaitu 80 orang dari staf Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim yang dilaksanakan pada 25 dan 26 April, sedangkan sebanyak 80 orang juga dari unsur UKM kegiatannya dilaksanakan pada 27 dan 28 April,” terangnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Sumsel, Manager Jamkrida Jakarta, Bappeda Muara Enim dan Pimpinan BPR Gerbang Serasan.