Kadiknas Muara Enim: Pemerintah Daerah Mendukung Kegiatan Pendidikan Menengah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Muzakar, saat membuka aat membuka SMANSAGUM Open Ke- I dan pelepasan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Gunung Megang, Kamis (20/4/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Muzakar,  menyampaikan pendidikan adalah investasi jangka panjang. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Muara Enim selalu mendukung kegiatan pendidikan menengah, walau kewenangannya sudah diambil alih oleh provinsi.

“Diterbitkanya UU no 23 tahun 2016 tentang kewenangan pendidikan menegah oleh provinsi, namun keberadaan pendidikan menengah tetap berada di kabupaten dan sudah sepatutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim tetap memberikan dukungan pada pendidikan menengah, ” ujar Muzakar dalam sambutannya saat membuka SMANSAGUM Open Ke- I dan pelepasan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Gunung Megang, Kamis (20/4/2017).

Muzakar mengucapkan selamat kepada siswa kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikannya dan terlaksananya kegiatan SMANSAGUM Open Ke-I.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan prestasi anak didik baik di bidang akademik maupun non akademik. Saya berharap pengembangan bakat dan minat siswa seperti ini terus dilaksanakan hingga dapat mempererat hubungan silaturahmi antar pelajar pelajar dan juga mendukung visi misi Kabupaten Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis,dan Sejahterah (SMAS),” harap dia.


BERITA LAINNYA:


Pada kesempatan tersebut, Muzakar berpesan kepada seluruh peserta SMANSAGUM Open agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding.

“Dalam sebuah pertandingan kalah menang itu adalah hal biasa, namun sportifitas harus tetap dijunjung tinggi supaya silaturahmi tetap terjalin dan visi kabupaten Muara Enim SMAS tercapai,” tutup Muzakar.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Gunung Megang Firmansyah, mengatakan kegiatan SMANSAGUM Open ini pertama kali diadakan di SMA Negeri 1 Gunung Megang yang diadakan mulai tanggal 20-23 April 2017.

“Melalui kegiatan SMANSAGUM open ini kita berharap dapat melihat kemampuaan peserta didik dalam bidang akademik dan seni, mengingat acara ini hanya diadakan perlombaan Ranking 1 untuk kategori tingkat SMP dengan materi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Sementara dibidang seni yaitu Nasyid, LTKBB Pramuka, dan LTKBB Paskibraka tingkat SMA se-kabupaten Muara Enim,” terang Firmansyah.

Harapannya, lanjut dia, melalui kegiatan ini siswa SMA Negeri 1 Gunung Megang tidak hanya mampu menujukan kemampuaannya di lingkungan sekolah, aja namun mereka bisa membuktikan keluar dengan adanya perlombaan ini.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini agar siswa kita tidak seperti katak dalam tempurung yang hanya mampu memperlihatkan kemampuaannya di lingkungannya saja,” ujar Firman.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasi Perbantuaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan Muara Enim Amir Hamzah, Kapolsek Gunung Megang AKP Iwan Gunawan, Camat Gunung Megang Kurniawan dan unsur Pemerintah Kecamatan Gunung Megang.