Sekda: UMKM Manfaatkan Fasilitas Kredit BPR

Sekretaris Daerah Muara Enim, Hasanuddin.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanuddin meminta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Muara Enim memanfaatkan fasilitas kredit dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Gerbang Serasan.

“BPR sudah didirikan jadi harusnya bisa dimanfaatkan, tinggal pihak BPR harus banyak melakukan sosialisasi agar produk mereka dikenal masyarakat pelaku UMKM di wilayah Muara Enim,” ujar Sekda saat membuka kegiatan sosialisasi kebijakan tentang UKM di Hotel Griya Serasan, Selasa (25/04/2017).


Berita Lain:


Melalui akses bantuan modal kredit dari BPR ini, lanjut dia, diharapkan UMKM dapat tumbuh berkembang melalui

Diakui Sekda, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Muara Enim memang masih kesulitan mengakses bantuan modal dari perbankan. Penyebabnya,  lanjut dia, minimnya pengetahuan pelaku UMKM tentang produk perbankan dan kesulitan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Selain itu, masih banyak perbankan yang belum maksimal mendukung perkembangan UMKM. Dilihat dari banyaknya skim kredit yang disediakan dari pemerintah namun tak tersalurkan penuh oleh perbankan.

“Hampir 50-40 persen dana yang disediakan pemerintah tidak tersalurkan, disisi lain memang banyak masyarakat tak tahu, jadi banyak kendala ditemui betapa sulitnya pelaku UMKM memperoleh kredit,” ujar dia.

Sekda berharap dengan hadirnya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Gerbang Serasan milik Pemkab Muara Enim dapat memberikan pelayanan perbankan terbaik kepada pelaku UMKM.

“BPR sangat dinantikan partisipasinya dalam mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya.