PTBA dan PTPN V Lepas Peserta Program SMN Ke Sulawesi Tengah

Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dar Provinsi Riau dan Sulawesi Tengah.

PALUGADANEWS. COM, RIAU  — PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V Riau  melepas 21 pelajar terpilih dari berbagai SLTA di Provinsi Riau untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ke Palu, Sulawesi Tengah.

Pelepasan para pelajar tersebut diiringi juga dengan penyambutan peserta program SMN asal Sulawesi Tengah ke Provinsi Riau. Dalam program SMN ini tiap daerah melalui kordinasi BUMN di daerah melakukan pertukaran pelajar antar provinsi.


Berita Lainnya:


Pelepasan dan penyambutan tersebut digelar di Gedung SKA Co Ex, Pekanbaru Riau, Minggu (30/07/2017), dihadiri Asisten Deputi Manajemen SDM Eksekutif BUMN, Imam Bustomi, Sekretaris Perusahaan PTBA, Adib Ubaidillah, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero), Moch. Asrori, Kepala Bagian Umum PTPN V, Ahmad Badran Zai, serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto.

Dalam acara tersebut, disajikan berbagai pertunjukkan seperti Tari Rentak Bulian, paduan suara, lantunan syair hingga pantomim.

Senior Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA, Syaiful Islam, dalam sambutannya mengatakan, program SMN merupakan salah satu kontribusi dan kepedulian PTBA sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan dan bertanah air Indonesia kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

“PTBA sangat peduli pada dunia pendidikan, khususnya untuk pendidikan karakter dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme utamanya dalam konteks memperkuat semangat 72 tahun Proklamasi Kemerdekaan RI,” ujar Syaiful.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dukungan PTBA dan PTPN V sebagai panitia bersama yang memungkinkan kegiatan SMN 2017 di Provinsi Riau dapat terlaksana.

“Dengan kegiatan ini, para pelajar dapat saling mengenal, diharapkan rasa persatuan antarsesama bangsa dapat semakin kuat sehingga tidak mudah untuk dipecah belah,” ujarnya.

Sebagai program nasional, PTBA kembali mendapatkan kehormatan menjadi penyelenggara utama dibantu oleh PTPN V Riau untuk mendukung kelancaran SMN 2017 sebagai rangkaian program “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang telah dijalankan Kementerian BUMN sejak 2015 dalam rangka menyemarakkan HUT Republik Indonesia.

SMN merupakan program dari Kementerian BUMN, di mana setiap BUMN akan bekerja sama dengan BUMN lainnya untuk menyeleksi pelajar SMA, SMK dan SLB untuk menjadi peserta SMN.

Para pelajar yang terpilih, akan dikirim ke daerah lain untuk lebih mengenal kebudayaan Indonesia. Setidaknya, rombongan pelajar dari satu provinsi beranggotakan minimal 20 orang dengan 2 orang pelajar SLB. Para pelajar ini juga akan didampingi oleh guru berprestasi yang terpilih.

Selama tujuh hari di daerah tujuan, para pelajar akan diajak untuk mengenal tempat bersejarah setempat, pariwisata, berinteraksi langsung dengan masyarakat, dan juga mengenalkan kebudayaannya di daerah tujuan tersebut. Selain itu, para pelajar ini akan tinggal dengan keluarga asuh selama beberapa hari.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air sejak dini bagi para pelajar. Melalui kegiatan ini juga, para pelajar akan ditunjukkan berbagai macam kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan kebudayaan di tempat asalnya. Sehingga, diharapkan para pelajar ini akan lebih dapat menghargai berbagai perbedaan yang ada di Indonesia.

Pada penyelenggaraan tahun ini, PTBA kembali ditunjuk menjadi BUMN penyelenggara kegiatan SMN di Riau bersama dengan PTPN V. Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana saat itu PTBA menjadi tuan rumah di Sumatera Selatan.

Sejak Mei lalu, PTBA dan PTPN V bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah melakukan seleksi para pelajar SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Riau untuk mengikuti kegiatan SMN.

Dari hasil seleksi tersebut, terpilih 19 pelajar SMA, 2 pelajar SLB serta 2 guru pendamping yang merupakan guru teladan berprestasi, serta seorang pendamping dari Dinas Pendidikan.

Dalam kunjungan mulai dari 31 Juli hingga 6 Agustus mendatang, para pelajar akan diajak untuk berkeliling mengunjungi SMA di Palu, berbagai tempat sejarah, serta mengunjugi industri rumahan khas Palu.

Sementara, tim Pelajar dari Sulawesi Tengah yang berkunjung ke Riau, akan diajak mengunjungi SMA di Pekanbaru, museum dan beberapa tempat wisata, serta kunjungan ke PTPN V.