BNN Muara Enim Gelar Desiminasi Informasi P4GN untuk Wartawan  

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM –Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Muara Enim, Kamis (16/5/2019) melakukan desiminasi informasi tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) kepada wartawan di Kabupaten Muara Enim.

Kepala BNN Kabupaten Muara Enim AKBP Abdul Rahman melalui Kasubag Umum Arni Zulifah M, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mencegah bahaya dan peredaran narkoba di lingkungan masyarakat.

“Kami melakukan diseminasi informasi kepada wartawan yang ada disini, biar sama-sama tahu tentang bahaya Narkoba,” kata Arni saat membuka kegiatan kegiatan di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim.

Sementara, narasumber kegiatan Erni Ezni menguraikan bagaimana mengenali bahaya narkoba yang dimulai dari diri sendiri dengan melihat apa kekurangan dan kelebihan dalam pribadi masin-masing.

“Dengan mengenal diri sendiri, kita tahu apa dan siapa kita, jangan hidup ikut-ikutan dengan orang lain dan harus punya pendirian, baru kita bisa menilai orang lain,” paparnya.

Salah satu contoh, seorang anak ingin pindah sekolah karena ada masalah, hal itu harus di pelajari dulu, jangan langsung ambil keputusan memindahkan anak tersebut.

“Jika anak ada masalah, ajari anak itu untuk menyelesaikan masalahnya, jangan ajari anak untuk lari dari masalah. Karena apabila kita mengajari anak untuk lari dari masalah, maka anak tersebut akan terbiasa lari dari masalah, dan ujungnya si anak akan mencoba mencari kepuasan salah satunya dengan mengkonsumsi narkoba karena anak tadi tidak pernah bisa menyelesaikan masalah,” terangnya.

Sementara itu, narasumber lain yaitu Kasi Rehabilitasi BNN Muara Enim Dokter Hirfin Rama Yulianti, mengatakan ditinjau dari kesehatan narkoba dapat merusak jiwa dan anggota tubuh. “Dilihat dari sisi kesehatan narkoba sungguh tidak ada manfaatnya,” kata dia.

Menurut Hirfin, narkoba ini merupakan zat sangat berbahaya yang melanda masyarakat dan sudah masuk ke semua kalangan yang secara nasional sudah mencapai lebih dari empat juta jiwa setiap tahunnya. Seiring dengan tingginya peredaran narkoba tersebut kata dia, maka perlu dilakukan berbagai pencegahan dan antisipasi.