Incar Gelar Sekolah Adiwiyata, SDN 6 Gunung Megang Terus Berbenah

Salah satu ruang kelas di SD Negeri 06 Gunung Megang yang dipersiapkan dalam rangka meraih gelar Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2021.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – SD Negeri 06 Gunung Megang, Desa Perjito, Kecamatan Gunung Megang, mengincar gelar Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Muara Enim. Berbagai persiapan dilakukan untuk mendukung penilaian. Salah satunya adalah mengubah tampilan sekolah agar terlihat indah dan nyaman.

Kepala SD Negeri 06 Gunung Megang Asmeri Emilia mengatakan, sekolahnya sedang mempersiapkan diri untuk maju dalam Adiwiyata tingkat kabupaten pada tahun 2021 ini. Pihaknya terus berbenah untuk menggapai predikat tersebut.

Baca Juga:

“Kegiatan Adiwiyata merupakan kegiatan yang sifatnya edukasi, partisipasi, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah, siswa, komite, dan orang tua terkait perilaku pelestarian dan penghijauan lingkungan. Maka itu, kita terus berbenah demi mewujudkan semua itu,” ujarnya, Selasa (29/06/2021).

Menurut dia, target ini juga mereka lakukan agar menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi anak didiknya.

“Target kegiatan membuat sekolah asri, bersih, hijau, dan nyaman sehingga menjadi rumah kedua bagi anak didik kita,” ujarnya.

Asmeri mengatakan, upaya yang mereka lakukan mulai dari perencanaan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di dekolah (PBLHS) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Kemudian sekolah memperkuat inovasi-inovasi dalam bidang lingkungan.

“Kami melakukan inovasi pengelolaan sampah dengan pemilahan sampah organik dan non organik. Sampah organik dimanfaatkan sebagai kompos dan sampah non organik didaur ulang sebagai kreasik (kreasi sampah kemasan), ecobrick, kreasi stem barang bekas, pot botol plastik, dan sebagainya,” urai dia.