Pemkab Muara Enim Gelar Sosialisasi Dana Perimbangan Daerah

Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman Membuka Sosialisasi Dana Perimbangan Daerah Keuangan

Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman Membuka Sosialisasi Dana Perimbangan Daerah Keuangan

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dana perimbangan daerah tahun 2016 di Gedung Kesenian Dayang Merindu, Muara Enim, Kamis (7/4).

Ikut hadir dalam acara pembukaan kegiatan sosialisasi dana perimbangan tersebut tersebut Direktur Dana Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Rukijo.

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, dalam sambutannya, mengatakan dana perimbangan merupakan sumber terbesar penerimaan daerah dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan Kabupaten Muara Enim.

Menurut Nurul, tahun 2015 sampai dengan Triwulan III Pemkab Muara Enim menerima dana perimbangan bagi hasil pajak kurang  lebih Rp466.6 miliar dan bagi hasil bukan pajak sebesar Rp409,3 miliar.  Namun untuk triwulan IV Pemkab Muara Enim tidak menerima dana bagi hasil dari pemerintah pusat, karena ada perubahan rincian dana bagi hasil sumber daya alam berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

“Dana bagi hasil Kabupaten Muara Enim yang belum dibayar pemerintah pusat pada triwulan IV sebesar Rp100, 89 miliar lebih. Hal ini mengakibatkan beberapa paket pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan oleh pihak rekanan pada akhir tahun anggaran 2015 tidak dapat dibayar sebagian atau seluruhnya oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” jelas Nurul.

Sementara untuk tahun 2016 ini lanjut dia, realisasi dana bagi hasil pajak pada triwulan pertama mencapai Rp.98.71 miliar (16,28 %) dan bagi hasil bukan pajak sebesar Rp87.68 miliar (19,04 %).  Masih ditahun yang sama, realisasi dana alokasi umum untuk Kabupaten Muara Enim sebesar  Rp. 168,29 miliar (25,00 %) dan dana alokasi khusus sebesar Rp105, 617 miliar.

Ditambahkan Nurul, ada delapan bidang yang menerima dana alokasi khusus yaitu pendidikan, kesehatan dan KB, perumahan air minum, kedaulatan pangan, kelautan dan perikanan, lingkungan hidup dan kehutanan, transportasi dan bidang sarana prasarana perdagangan serta infrastruktur publik daerah (IPD).

“Ke depan kita berharap agar pemerintah pusat memprioritaskan Kabupaten Muara Enim dalam pemberian dana bagi hasil dan dana alokasi khusus dengan memperbanyak bidang yang didapat, sehingga pembangunan Kabupaten Muara Enim dapat berkembang lebih pesat lagi,” harapnya.

 

 

BERITA LAINNYA

Polres Muara Enim Terbanyak Tangani Kasus Senjata Api
Hari Ini Tujuh Sekolah di Muara Enim Gelar UN Berbasis Komputer
Program Berobat Gratis Dihentikan
Pemkab Muara Enim Berikan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Kurang Mampu
Dugaan Suap Penerimaan CPNS, Kepala BKD Ogan Ilir Ditahan
Muzakir Siap Dicalonkan Jadi Gubernur Sumsel 2018
Pemkab Muara Enim Gelar Musrenbang Kabupaten