Bupati Letakan Batu Pertama Pembangunan RS Pratama di Semende

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, meletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pratama tipe D di Semende Darat Laut, Senin (30/05/2016)

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, meletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pratama tipe D di Desa Muara Dua, Kecamatan Semende Darat Laut, Senin (30/05/2016)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, didampingi Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, meletakan batu pertama pembangunan rumah sakit tanpa kelas (pratama) tipe D, di Desa Muara Dua, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim, Senin (30/5/2016).

“Pendirian Rumah Sakit Pratama ini merupakan salah satu perwujudan visi Kabupaten Muara Enim SMAS (Sehat, Mandiri, Agamis, Sejahtera),” ujar Muzakir.

Menurut Muzkair, dengan dibangunnya Rumah Sakit Pratama di Semende akan memudahkan masyarakat dibeberapa kecamatan di wilayah Semende, bahkan dari Kota Agung Kabupaten Lahat, untuk melakukan pengobatan sebelum diambil tindakan ke RSU HM. Rabain di Muara Enim,.

“Jadi rumah sakit ini, bukan saja untuk warga Kabupaten Muara Enim, tetapi juga bisa digunakan untuk warga di luar Kabupaten Muara Enim,” ujar Muzakir.

Pemkab Muara Enim lanjut Muzakir, sebelumnya juga telah membangun dua Rumah Sakit Pratama, masing-masing di Kecamatan Lubai Ulu dan di Kecamatan Gelumbang. Setiap rumah sakit dibangun dengan konsep yang sama, yakni rumah sakit tipe D. Pembangunan tiga rumah sakit pratama ini diharapkan dapat menunjang peningkatan RSUD HM Rabain menjadi rumah sakit tipe B.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim, dr  Yan Riyadi MARS, mengatakan,  Rumah Sakit Pratama akan dilengkapi ruang rawat inap dengan kapasitas 30-50 tempat tidur, ruang UDG, ruang kantor administrasi, perumahan bagi tenaga kesehatan dan dokter.

“Untuk tenaga kesehatan terdiri 2-5 minimal dokter spesialis penyakit dalam dan bedah, dokter umum 4-6 orang, serta tenaga medis pendukung lainnya,” terang dia.

Yan menambahkan, total dana pembangunan Rumah Sakit Pratama ini mencapai 30 miliar, menggunakan dana APBD, APBN dan dana alokasi khusus (DAK). Pembangunan  diharapkan selesai pada tahun 2016 ini, sehingga dapat segera dipergunakan.

 

Berita Terkait:

Bupati Muara Enim Resmikan Taman Kehati Bedegung
Alex Noerdin Gandeng 6 LSM Internasional Kelola Lanskap Sumsel
Bupati Buka Bulan Bakti Gotong Royong Muara Enim
Wakil Bupati Muara Enim Buka Seminar TB
Akbid Pemkab Muara Enim Gelar Reuni Akbar