Pesona Laguna Gayau, Surga Kecil di Kabupaten Tanggamus

Laguna Bayau (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

Laguna Gayau (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

PALUGADANEWS.COM, BANDAR LAMPUNG — Jangan pernah ragu menjadikan Kabupaten Tanggamus sebagai tujuan wisata anda. Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung ini menawarkan sejumlah objek wisata yang indah dan menakjubkan, tak kalah dengan wisata alam di luar negeri.

Kondisi alamnya yang bersuhu dingin dengan panorama dan pantainya yang indah, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke daerah ini.

Salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi di Bumi Begawi Jejama ini adalah Laguna Gayau di Teluk Kiluan, Dusun Bandung Jaya, Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus.

Sebagai destinasi wisata favorit, sangat mudah bagi anda mencapai Laguna Gayau.  Anda bisa memilih transportasi darat, laut dan udara menuju Kota Bandar Lampung.

Deburan ombak yang terhalang batu karang menambah eksotisnya laguna ini (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

Deburan ombak yang terhalang batu karang menambah eksotisnya laguna ini (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

Perjalanan dari Kota Bandar Lampung menuju Teluk Kilauan, Kabupaten Tanggamus, ditempuh melalui jalan darat sejauh 80 km atau sekitar 3-4 jam perjalanan. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Desa Bandung Baru sekitar 30 menit menuju Laguna Gayau yang berada dibalik Bukit Teluk Kilauan. Nah disini jiwa petualangan anda akan ditantang.

BACA JUGA:

Melalui jalan setapak yang mendaki dengan deretan pohon-pohon kakao disisi kiri dan kananya. Kemudian berganti menyusuri pantai berpasir putih yang indah dengan sebaran bebatuan besar.

Perjalanan belum selesai, sekitar 200 meter anda akan melewati bebatuan karang yang tajam dan curam, tapi dengan pemandangan laut dan ombak yang menawan. Sedikit melelahkan, namun terbayar dengan keindahan Laguna Gayau.

Laguna Gayau atau dalam bahasa setempat berarti pisang hutan, berada di Pantai Laguna yang indah berpasir putih.

Berbentuk seperti cekungan, dipagari dinding batu karang sehingga menyerupai kolam renang raksasa yang alami dengan air berwarna biru kehijauan. Air laut masuk dari celah-celah batu karang, dengan deburan ombak seperti alunan suara musik yang merdu.

Laguna Dayau menyerupai kolam renang raksasa yang alami dengan air berwarna biru kehijauan (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

Laguna Gayau menyerupai kolam renang raksasa yang alami dengan air berwarna biru kehijauan (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

Memiliki kedalaman mencapai satu hingga tiga meter, sehingga aman untuk berenang atau berendam di tengah pantai yang berombak besar.  Namun anda juga harus berhati-hati apabila air laut pasang, permukaannya akan sejajar dengan pantai sehingga bisa terkena deburan dan terseret ombak.

Pemandangan yang ditawarkan Laguna ini indah sekali. Sejauh mata memandang samudera yang biru ke arah laut lepas. Dari bukit di atasnya, akan nampak jelas dasar laguna.

Debur ombak di Laguna Gayau (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

Debur ombak di Laguna Gayau (Foto: Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus).

Jika cuaca cerah pantulan sinar matahari akan menambah keindahan warnanya. Laguna Gayau menawarkan pesona keindahan yang eksotik bagi anda yang memiliki jiwa petualang.

Jadi tunggu apalagi, segera kemasi koper anda dan nikmati indahnya Laguna Gayau.