Kemenkeu Segera Buka Lowongan 7.000 CPNS

Tes CPNS Online (Foto: Istimewa)

PALUGADANEWS.COM, JAKARTA — Kementerian Keuangan akan segera membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Instansi pimpinan Sri Mulayani ini telah mengusulkan kuota rekruitmen sebanyak 7.000 orang kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Saat ini kita masih menunggu surat resmi dari Kemen PANRB untuk membuka lowongan sekitar 7.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2017. Begitu dapat kita langsung umumkan,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto, Jumat (11/8) kemarin di Jakarta.


Berita Lain:


Dari total 7.000 CPNS yang diajukan tersebut, Hadiyanto menyebutkan, lebih dari 4.000 orang dikhususnya untuk lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), sisanya sekitar 2.800 orang untuk jalur umum.

“Makanya ada penerimaan 2.800 orang dari luar itu supaya mix, expertise, mix perbedaan background tidak semuanya dari STAN, makanya kita ajukan dari luar STAN supaya ada interaksi dari latar pendidikan, kemampuan. Bahkan kita akan lakukan rekrutmen untuk sarjana S1 yang cumlaude. Itu diberi kesempatan sama-sama tes,” tukas dia

Menurut Hadiyanto, penambahan pegawai di Kemenkeu setiap tahunnya sebenarnya cukup untuk menggantikan PNS yang pensiun maupun mengisi kantor-kantor baru di daerah.

Jika disetujui Menpan RB, lanjut dia,  lebih dari 2.000 orang akan ditempatkan di Ditjen Pajak. Sisanya  untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Ditjen Bea dan Cukai, dan disebar untuk bekerja di unit Eselon I Kemenkeu lain.