37 Desa Gelar Pilkades Serentak di Muara Enim Besok Pagi

Deklrasi damai siap menang siap kalah para calon kepala desa di halaman Pemkab Muara Enim.

PALUGADANEWS. COM, MUARA ENIM  –Sebanyak 37 desa di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim, Kamis (28/9/2017) besok akan mengelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Hal ini diungkapkan Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Emran Tabrani melalui Kabid  Pemerintahan dan Penataan Wilayah Desa Mei Fajar Ariadi, Rabu (27/9/2017).


Berita Terkait:


“Besok 37 desa di 14 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim akan menggelar Pilkades serentak,” ujar Emran.

Jumlah desa yang melaksanakan Pilkades ini, ungkap Emran, lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang berjumlah sebanyak 86 desa.

Namun, pada 2019 mendatang jumlah desa yang akan mengikuti Pilkades serentak meningkat lagi yang rencananya akan diikuti 122 desa.

Emran berharap pelaksanaan Pilkades besok dapat berjalan tertib, aman dan kondusif, sehingga dapat menjadi contoh di Indonesia sebagai Pilkades serentak yang sukses.

“Saya berharap panitia Pilkades agar bekerja dengan baik, serta tidak memihak ke salah satu calon kades, agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan sesuai yang diinginkan,” kata dia.

Emran menambahkan ketelitian dalam penghitungan jumlah kertas suara dengan daftar pencoblos benar-benar pas, agar tidak menimbulkan masalah.

“Apalagi dalam perhitungan suara nanti. Bisa menjadi keberhasilan panitia jika semua jumlah tersebut klop dan tidak ada yang lebih atau pun kurang,” pesannya.

Disingung jika ada masalah, dan salah satu calon kades melakukan protes atas dugaan melakukan kecurangan, maka prosedur dalam aturan harus diselesaikan di desa sendiri yakni panitia Pilkades itu sendiri.

Namun, jika masih tidak selesai dibahas di tingkat kecamatan, maka akan dibawa ke tingkat kabupaten.

“Terakhir, jika tetap saja tidak selesai di tingkat kabupaten, maka akan dibawa ke pengadilan untuk menyelesaikan masalah tersebut,” tegasnya.