Ketua TP PKK Muara Enim Resmikan Kampung KB di Desa Lecah

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Shinta Paramita Sari, meresmikan Kampung KB di Desa Lecah, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Kamis (14/09/2017). 

PALUGADA NEWS. COM, MUARAENIM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Shinta Paramita Sari, meresmikan Kampung Keluarga Berencana di Desa Lecah, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Kamis (14/09).

Acara ini dihadiri Ketua Komisi I DPRD Muara Enim Umam Pajri, perwakilan BKKBN, tripika Kecamatan Lubai Ulu, Ketua PKK Lubai Ulu, Kades se-Kecamatan Lubai Ulu, serta masyarakat setempat.


Berita Terkait:


Dalam peresmian tersebut Shinta menjelaskan, pencanangan kampung KB merupakan kegiatan bersama masyarakat yang memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf hidup dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Namun secara khusus kampung KB ini dibentuk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan,” ujarnya.

Disamping itu, lanjut dia, untuk membantu pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta mendampingi dan membina masyarakat menyelenggarakan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Pada dasarnya, lanjut Shinta, ada tiga hal pokok yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dibentuknya kampung KB. Pertama, tersedianya data kependudukan yang akurat. Kedua, dukungan dan komitmen pemerintah, serta yang terakhir yaitu partisipasi aktif masyarakat.

“Desa Lecah sudah memenuhi syarat menjadi kampung KB, maka hari ini saya resmikan sebaagai kampung KB. Semoga ke depan akan menjadi percontohan,” pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Lecah, Edy Herman menyebut, dijadikan Desa Lecah sebagai kampung KB, karena terdapat banyak kader.

Selain itu, masyarakatnya juga sangat mendukung dan ikut berperan aktif mewujudkan kampung KB tersebut.

“Semoga seperti harapan Ibu Shinta tadi, ke depan Desa Lecah bisa menjadi percontohan kampung KB di Kabupaten Muara Enim,” ucap dia.

Selain peresmian kampung KB, juga diadakan pelayanan KB Implan gratis oleh BKKBN untuk masyarakat kurang. Kemudian, turut diperkenalkan hasil Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Desa Lecah.