Layanan P2TP2A Menjangkau Wilayah Kecamatan

Pembentukan P2TP2A di Kecamatan Kelekar, Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/10/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM–Pemerintah Kabupaten Muara Enim terus memperkuat peranan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) ke wilayah kecamatan.

Layanan ini sangat penting memberikan perlindungan khususnya kepada perempuan dan anak yang menjadi korban tindak kekerasan.

Baru-baru ini, P2TP2A Kabupaten Muara Enim terbentuk di Kecamatan Kelekar. Kegiatan pembentukan digelar, Rabu (18/10/2017) kemarin, di balai Kecamatan Kelekar, Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan dihadiri camat, Kapolsek Gelumbang serta puluhan masyarakat setempat.

“Pembentukan ini untuk mendekatkan pelayanan P2TP2A kepada masyarakat¬† di kecamatan khususnya wilayah Kelekar,” ujar Camat kelekar, Fikri Hidayat, Kamis (19/10/2017) ketika disambangi awak media.

Dengan adanya P2TP2A ini menganti­sipasi terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di masyarakat.

Pembentukan kepengurusan P2TP2A kecamatan lanjutnya, merupakan tindaklanjut dari sosialisasi KDRT tingkat kecamatan yang dilaksanakan di Kecamatan Kelekar.

“Saat ini, kita telah memiliki kepengurusan P2TP2, diharapkan para anggota terus melakukan sosialisasi, pendampingan dan pembinaan kepada perempuan dan anak bermasalah sosial di wilayah ini,” jelasnya

Sementara Kapolsek Gelumbang, AKP Indrowono berharap pelayanan terpadu P2TP2A di Kecamatan Kelekar dapat berjalan dengan semaksimal mungkin, terukur dan terarah.

“Kepolisian sangat mendukung hadirnya kelembagaan seperti ini, P2TP2A bisa memfasilitasi pendampingan bagi mereka yang bermasalah, tetapi juga secara rutin memberikan pembinaan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan, seperti sosialisasi dan beberapa kegiatan lainnya,” ucapnya.

Indrowono meminta P2TP2A berkoordinasi dengan kepolisian terutama dalam menjaga kamtibnas. “Sekecil apapun jika ada permasaalahan segera diberitahukan pada pihak kepolisian setempat atau Bhabinkamtibnas,” pungkasnya.