Hari Buruh, F-SBBM Gelar Pendidikan Pelatihan Hukum Tenaga Kerja

Pelatihan hukum bagi anggota Federasi Buruh Bersatu di Muara Enim

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Memperingati Hari Buruh 1 Mei 2018, Federasi Serikat Buruh Bersatu Muara Enim (F-SBBM) Muara Enim menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan hukum ketenagakerjaan, Selasa (01/05/2018) di Hotel Griya Sintesa Muara Enim.

Pelatihan ini diikuti 200 orang peserta, terdiri dari pengurus serta anggota SBBM Sektor Musi Hutan Persada, SBBM Sektor PT Suryabumi Agro Langgeng, SBBM Sektor PT Bumi Sawindo Permai, SBBM Sektor Koperasi Wana Lestari.

Kemudian SBBM SektorPT.Ulimanitra, SBBM Sektor PT.Bangun Karya Pratama Lestari, SBBM Sektor PT Mahkota Andalan Sawit, SBBM Sektor PT Manggala Usaha Manunggal dan SBBM Sektor PT Maju Global Trasindo.

Ketua Ketua FSBBM Muara Enim, Rahmansyah, berharap melalui kegiatan ini para pekerja/buruh untuk dapat mengadvokasi hak-hak normative diri sendiri dan rekan pekerja dalam satu organisasi.

Melalui pendidikan formal dan informal ini, lanjut dia, buruh yang tergabung di FSBBM dapat bersaing dengan pekerja asing dan penegakkan hukum ketenagakerjaan dengan memaksimalkan fungsi pegawai pengawas untuk melakukan pengawasan.

“FSBBM juga menyikapi isu yang mengemuka saat ini, adalah diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) No 20 Tahun 2018 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang melonggarkan masuknya Tenaga Kerja Asing dan dikhawatirkan akan menghilangkan kesempatan Tenaga kerja lokal untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karenanya kita mendesak Pemkab Muara Enim untuk ngutamakan pekerja lokal dan menolak pekerja asing,” tutupnya.