Studi Banding, PWI Muara Enim Berkunjung ke PWI DIY

Persatuana Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan melakukan studi banding ke PWI DIY, Selasa (10/7/2018) pekan lalu.

PALUGADANEWS.COM, Yogyakarta  — Persatuana Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan melakukan studi banding ke PWI DIY, Selasa (10/7/2018) pekan lalu.

Kunjungan ini untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik dan menimba ilmu tentang keberhasilan PWI Yogyakarta mengembangkan serta membesarkan organisasi.

Rombongan berjumlah 31 orang dipimpin Ketua PWI Muara Enim Andi Chandra dan didampingi Humas Protokal Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Fizwan Haikal.

Rombongan  diterima Ketua PWI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sihono HT dan jajaran pengurus. Hadir pula Tedy Saparian, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta.

Menurut Andi Chandra, kunjungan ke PWI DIY merupakan program kerja studi banding. “Studi banding ini merupakan program kerja PWI Kabupaten Muara Enim, dengan dana hibah. Rencana ini sudah dibahas saat Pak Sihono menjadi penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) 2016 di Muara Enim,” jelas Andi Chandra.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga untuk sharing informasi terutama untuk kemajuan sesama organisasi PWI, juga sharing dengan kehumasan Pemprov DIY, dan nantinya dapat diimplementasikan di Muara Enim.

“Kita ingin mendapatkan informasi yang utuh baik organisasi maupun di pemerintahan. Makanya kita bawa rombongan, biar mereka tahu bagaimana organisasi PWI bisa tumbuh dan berkembang serta menjaga hubungan harmonis dengan semua stakeholder,” ujar Andi.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PWI DIY Sihono menyerahkan piagam deklarasi Yogyakarta kepada PWI Muara ENim.

Piagam tersebut ditandatangani langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, Rektor UGM Panut Mulyono, Rektor UII Fathul Wahid dan Ketua PWI DIY Sihono HT.

Sihono juga mengajak seluruh rombongan membacakan Deklarasi Yogyakarta yang tercetus pada Rakornas Siwo beberapa waktu lalu.

Sihono berpesan agar wartawan bekerja cerdas, profesional. Selain itu, PWI Yogya juga berupaya untuk menciptakan kesejahteraan wartawan. Saat ini, PWI DIY berupaya meningkatkan kesejahteraan dengan memajukan Koperasi PWI DIY ‘Pena Kencana.’