Tingkatkan Kesejahteraan Anggota, PWI Muara Enim Dirikan Koperasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim membentuk badan usaha koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Pembentukan koperasi pengurus dan anggota PWI Muara Enim ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim Surdin yang diwakili Kepala Seksi Kelembagaan Pajar Alamiah didampingi petugas penyuluh koperasi lapangan (PPKL) Dinkop UKM Muara Enim Heni Waliyah dan Merry Musrini.

Baca Juga:

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim Surdin yang diwakili Kepala Seksi Kelembagaan Pajar Alamiah mengungkapkan kedatangan mereka ke Sekertariat PWI Muara Enim menindaklanjuti surat yang masuk ke Dinas ke Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim terkait permintaan pendampingan penyuluhan pembentukan koperasi.

“Kami ke sini untuk memberikan penyuluhan terkait dengan koperasi. Sebelumnya PWI Muara Enim bersurat ke kita untuk diberikan penyuluhan serta pendampingan pembentukan koperasi anggota PWI Muara Enim,” ungkapnya di kantor PWI Muara Enim, Sabtu (28/8/2021).

Pajar berharap dengan kesadaran anggota serta pengurus PWI Muara Enim membentuk usaha koperasi ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

“Terima kasih atas kesadarannya untuk membuat usaha koperasi. Dan kita berharap niat peningkatan kesejahteraan keluarga akan tercapai. Namun, kita mengingatkan semua itu dapat tercapai dengan maksimal jika seluruh elemen pendiri koperasi ini saling mendukung satu sama lain,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, pendirian koperasi semakin mudah sejak adanya UU Cipta kerja (Ciptaker). Syarat pendirian koperasi pertama-tama harus mengajukan tiga nama koperasi ke notaris. Kemudian membentuk pengurus. Namun catatannya setiap yang menjadi pengurus untuk amanah hingga koperasi nya berjalan sehat.

“Nanti setelah ini ajukan 3 nama ke notaris serta pengurusnya terdiri kepengurusan dan pengawas harus ganjil serta minimal 20 anggota. Akan tetapi dengan adanya UU Ciptaker ini, pembuatan koperasi lebih mudah dan tidak mesti 20 an anggota,” jelasnya.

Sementara itu, ketua PWI Muara Enim Siswanto mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang diberikan kepada PWI Muara Enim tentang pendirian koperasi. Dia berharap koperasi ini dapat menjadi penopang kehidupan keluarga PWI.

“Ucapan terimakasih kita kepada Dinkop dan UKM Muara Enim yang telah memberikan penjelasan tentang koperasi. Hharapan kita koperasi ini akan bertambah besar,” pungkasnya, Sabtu (28/08/2021).

Koperasi anggota PWI Muara Enim diketuai Endang Saputra, wakil ketua Vivin Daregen, sekertaris Azwar Anas, wakil sekertaris Evri, dan bendahara Kalbadri. Sementara dewan pengawas ketua PWI Muara Enim, anggota dewan pengawas Hijazzi dan Al Azhar.