Kementerian PAN-RB Buka 83 Formasi untuk CPNS dan PPPK

Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) 2021

PALUGADANEWS.com, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka 83 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kementerian PANRB memanggil putra putri terbaik bangsa untuk bersama-sama membangun birokrasi Indonesia. Mari berjalan beriringan memperbaiki pelayanan dan meningkatkan kualitas SDM,” ujar Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji di Jakarta, dilansir dari laman menpan.go.id, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga:

Adapun kebutuhan pegawai ASN yang dibuka oleh Kementerian PANRB terdiri dari 64 kebutuhan untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan 19 kebutuhan untuk formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Tak hanya melalui jalur kebutuhan umum, Kementerian PANRB juga membuka kesempatan bagi para lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude), penyandang disabilitas, serta putra-putri Papua dan Papua Barat. Para pelamar dengan kualifikasi tersebut dapat melamar di jabatan PNS melalui jalur kebutuhan khusus dengan memperhatikan persyaratan yang ada.

Secara umum, persyaratan bagi pelamar di jabatan PNS dan PPPK adalah warga negara Indonesia, tidak pernah dipidana dengan pidana penjara selama dua tahun atau lebih, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis.

Pelamar juga dilarang terlibat organisasi kemasyarakatan yang dinyatakan terlarang oleh pemerintah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir potensi radikalisme dalam diri ASN Indonesia.

Terkait usia, setidaknya pelamar di jabatan PNS berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar.

Sedangkan bagi jabatan di PPPK, pelamar setidaknya berusia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi satu tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar, yakni 57 tahun untuk jabatan fungsional ahli pertama dan jabatan fungsional keterampilan. Pelamar juga harus memastikan bahwa kualifikasi pendidikan yang dimiliki harus sesuai dengan persyaratan jabatan.

Pelamar dapat mendaftarkan diri melalui laman https://sscasn.bkn.go.id mulai tanggal 30 Juni hingga 21 Juli 2021 mendatang. Perlu diingat bahwa pendaftaran dan seluruh proses seleksi ini tidak dipungut biaya.

“Maka harap berhati-hati dengan oknum yang tidak bertanggung jawab dan menjanjikan kelulusan CASN,” pungkas Atmaji.

Daftar Jabatan Pengadaan ASN di Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2021

Formasi PNS
Ahli Pertama – Analis Kebijakan
Ahli Pertama – Pranata Komputer
Ahli Pertama – Perencana
Ahli Pertama – Pranata Hubungan Masyarakat
Ahli Pertama – Perancang Peraturan Perundang-undangan
Ahli Pertama – Analis SDM Aparatur
Ahli Pertama – Dokter
Ahli Pertama – Auditor
Terampil – Pranata Hubungan Masyarakat

Formasi PPPK
Ahli Pertama – Pranata Komputer
Ahli Pertama – Arsiparis
Ahli Pertama – Pranata Hubungan Masyarakat
Terampil – Arsiparis
Terampil – Pranata Hubungan Masyarakat
Terampil – Pranata Komputer
Terampil – Perawat