Pj Bupati Pimpin Upacara Bendera HUT ke-76 RI di Muara Enim

Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar memimpin upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Selasa (17/8/2021).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar memimpin upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indoneisa ke-76 di halaman kantor Pemkab Muara Enim, Selasa (17/8/2021).

Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar dalam sambutannya mengatakan kemerdekaan bangsa Indonesia jelas tercantum pada alinea ketiga UUD 1945.

Baca Juga:

“Kemerdekaan bangsa Indonesia jelas tertuang di alinea ketiga Undang-Undang Dasar 1946 dengan bunyi “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya,” urainya.

Dari pembukaan UUD 1945 tersebut sangat jelas disampaikan bahwa bangsa dan negara Republik Indonesia merdeka atas rahmat dan kuasa-Nya.

Pasukan pengibar bendera upacara peringatan HUT RI ke-76 di Muara Enim.

“Para pendiri bangsa paham betul bahwa mereka tak akan mampu apa-apa tanpa Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Maka suatu kekeliruan jika agama dipinggirkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Justru sebaliknya, mari kita berbangsa dan bernegara dengan berlandaskan nilai-nilai agama,” tambahnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa bangsa Indonesia jelas merupakan bangsa yang religius karena dalam UUD 1946 tersebut tercantum nama tuhan yang maha esa.

“Insya Allah kita adalah bangsa yang religius, dan sebuah negara yang mensyukuri nikmat dari-Nya. Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76. Dirgahayu Indonesiaku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Kita Wujudkan Muara Enim Merakyat dan Sumsel Maju untuk Semua,” kata dia.

Upacara di masa pandemi COVID-19 ini berjalan dengan khidmat yang dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki beserta unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim dan para pejabat Pemkab Muara Enim lainnya.

Adapun petugas pada upacara pengibaran yaitu komandan upacara, Mayor Infantri Zeri Mandani dari Rindam II Sriwijaya, perwira upacara Kapten Arm Broto Santoso dari Kodim 0404 Muara Enin, ajudan inspektur upacara Kasubag Dokumentasi Pimpinan Setda Muara Enim Doni Faisal.

Seusai upacara Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar memberikan santunan dana kehormatan kepada veteran dan janda veteran Kabupaten Muara Enim.

Pengibar bendera M. Al-Hadi Rivan dari SMK Bina Mulya Tanjung Enim, Muhammad Tegar Ramadhan dari SMAN 1 Muara Enim, Radja Nathanael Sembiring dari SMAN 1 Muara Enim sedangkan pembawa baki yaitu Desinta Putri Maharani dari SMAN 2 Muara Enim.

Seusai upacara Pj Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Renny Devi Nasrun Umar juga memberikan santunan dana kehormatan kepada veteran dan janda veteran Kabupaten Muara Enim.

Pj Bupati menyampaikan bahwa hal inj merupakan wujud syukur dan terimakasih kepada para pejuang kemerdekaan atas pengorbanan dan perjuangan meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia.