Pemkab Muara Enim Teken MoU dengan Kemenperin, Kembangkan UKM dan Koperasi

 oleh Bupati Muara Enim dan Ketua Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perindustrian (BARISTAN), Haris Munandar, Penandatanganan MoU itu dilakukan Kamis (20/10/2016).

Bupati Muara Enim dan Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perindustrian (BARISTAN) Haris Munandar, melakukan penandatanganan MoU pengembangan UKM dan Koperasi di Kabupaten Muara Enim, Kamis (20/10/2016).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menandatangani memorandum of understanding (MoU) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perindustrian (BARISTAN).

Baca Juga: Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Empat Raperda

Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Bupati Muara Enim dan Ketua Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perindustrian (BARISTAN) Haris Munandar, Kamis (20/10/2016), di Hotel Grand Zuri, Muara Enim.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan momen penting bagi pelaku usaha mikro kecil dan koperasi karena bertujuan memberikan pembinaan dan pendampingan bagi mereka.

Berita Lain: Pangdam Tutup Kegiatan TMMD di Desa Harapan Jaya Muara Enim

“MoU ini bertujuan untuk membina dan mengembankan UKM dan Koperasi yang ada di Kabupaten Muara Enim dalam pengembangan sumber daya alam seperti kopi, karet, kelapa sawit, melalui inovasi tekhnologi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perindustrian,” kata Muzakir.

Berita Lain: Muara Enim Terima Nusantara CSR Awards 2016

Muzakir mengatakan dengan adanya MoU ini UKM dan koperasi yang ada di Kabupaten Muara Enim dapat dibimbing, dibina, diberi pelatihan dan pendampingan untuk menghasilkan produk yang unggul dan berdaya saing tinggi.

“Kita harapkan nantinya UKM yang ada di Kabupaten Muara Enim tidak lagi menjual produk dalam bentuk bahan baku, melainkan sudah dalam bentuk barang jadi, sehingga produk yang dijual lebih bernilai tinggi dan laku di pasaran, dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Muara Enim sehingga visi dan misi Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera dapat terwujud,” ujar Muzakir.

Baca Juga: Ketua Umum PPP Restui Nurul Aman Maju Pilbup Muara Enim

Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perindustrian (BARISTAN), Haris Munandar menyampaikan, ruang lingkup MoU berupa penelitian, pendampingan, pelatihan, perumusan dan pengembangan UKM adn koperasi yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“MoU ini berlaku selama tiga tahun ke depan dan akan berlanjut lagi untuk pengembanan UKM dan koperasi,” kata Haris.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Prihatin Peredaran Narkoba Dikalangan Pelajar

Sebagai tahap awal, pada bulan ini dua UMKM di bidang pengolahan kopi akan diberikan pendampingan dan pelatihan terkait produksi kopi. Selanjutnya tahun depan secara bertahap UKMKM di sektor karet juga akan mendapat pendampingan dan pelatihan.

Berita Lain: SMA Negeri 1 Ujanmas Jadi Sekolah Model

Nantinya ke depan seluruh UMKM dan koperasi di Kabupaten Muara Enim akan diberi pembinaan tentang manajemen keuangan, termasuk peminjaman modal dan sistem perbankan.