Evaluasi Akuntabilitas Kinerja, Pemkab Muara Enim Dapat Nilai B

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menerima Hasil Evaluasi Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) yang diserahkan Menteri PAN & RB, Asman Abnur, di Bandung, Rabu (25/1/2017).

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menerima Hasil Evaluasi Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) yang diserahkan Menteri PAN & RB, Asman Abnur, di Bandung, Rabu (25/1/2017). (Foto: Humas Pemkab Muara Enim).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim meraih predikat B (baik) Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2016 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN & RB).

Penyerahan LHE AKIP ini diserahkan langsung oleh Menteri PAN & RB, Asman Abnur, kepada Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, di Hotel Panghegar, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (25/1/2017).

BERITA LAINNYA:

Menurut Muzakir, capaian yang diraih Pemkab Muara Enim ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen bersama seluruh perangkat daerah.

“Keberhasilan Pemkab Muara Enim masuk dalam Kategori B Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah merupakan hasil kerja keras semua pihak mulai dari perencanaan, penilaian kinerja, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan pencapaian kinerja semua perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Untuk itu, dengan raihan tersebut, dirinya berharap diakhir masa jabatannya nanti akuntabilitas kinerja Pemkab Muara Enim terus meningkat menjadi lebih baik sehingga mendapat penilaian BB (sangat baik), sesuai dengan target yang ditetapkan dalam RPJMD.

“Saya minta kepada perangkat daerah untuk serius dan bersungguh-sungguh menyusun perencanaan program seusai dengan target kinerja yang telah ditetapkan. Tahun 2017 ini juga saya berharap implementasi sistem aplikasi SAKIP berbasis IT dapat ditingkatkan lagi, karena akan memudahkan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja perangkat daerah, sehingga pada masa akhir jabatan saya Visi dan Misi Muara Enim SMAS dapat tercapai,” pungkasnya.

Sementara itu,  Menteri PAN & RB, Asman Abnur memberikan apreasiasi atas capaian yang telah didapat oleh pemerintah kabupaten/kota dengan predikat baik hingga sangat baik.

Dia meminta pemerintah kabupaten/kota yang belum mendapatkan hasil maksimal agar mengoptimalkan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan terus memperbaiki tata kelola pemerintahannya.

“Saya mengharapkan, Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah, lebih serius lagi memberikan perhatian bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil,” tegas Asman.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam penilaian  LHE AKIP ini, masuk dalam Regional I mewakili Kawasan Sumatera, Banten, dan Jawa Barat bersama 171 kota/kabupaten lainnya.

Hasil penilaian pada Regional I, terdapat satu pemerintah kota meraih predikat A dan tiga pemerintah kabupaten/kota dengan predikat BB. 17 pemerintah kabupaten/kota mendapatkan predikat B. 81 kabupaten/kota berpredikat CC. 69 kabupaten/kota berpredikat C dan satu kabupaten dengan predikat D.