60 Pemuda Ikuti Kelas Inspirasi RUBI Muara Enim

Peserta kelas inspisari Ruang Berbagi Ilmu (RUBI) Kabupaten Muara Enim

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM —  Enam puluh pemuda di Kabupaten Muara Enim mengikuti kelas inspirasi Ruang Berbagi Ilmu (RUBI) Muara Enim, Sabtu (6/5/2017), di Ruang Rapat Paringpta Nusantara Bappeda Pemkab Muara Enim.

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini diikuti para pemuda perwakilan dari setiap kecamatan di Kabupaten Muara Enim, bertujuan agar para  pemuda memiliki semangat dalam melakukan kegiatan positif untuk mendukung pembangunan di daerah.

Sebanyak 16 narasumber yang merupakan aktivis sosial dari Jakarta, Bandung dan Bogor akan berbagi pengalaman untuk menginspirasi dan memotivasi para peserta.


Berita Lain:


“Kegiatan ini merupakan tahun kedua  di Muara Enim. RuBI Muara Enim merupakan RuBI mandiri kedua di Indonesia setelah Kabupaten Tidore,” ungkap Ranti, salah seorang panitia kegiatan.

Salah seorang narasumber Fikri mengatakan, para peserta akan menerima materi tentang Inspiring Educative People, manajemen diri dan kepemimpinan, manajemen organisasi, public speaking, menulis untuk menginspirasi dan  menulis untuk membuat proposal kegiatan sosial.

“Selain itu juga diajarkan bagaimana memanfaatkan media sosial,” terang Fikri.

Narasumber kegiatan, lanjut alumus Fakultas Teknik Sipil ITB ini, mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.

“Ada penulis, pengusaha hotel, traveler blogger, manajer perusahaan hingga dosen. Mereka akan berbagi pengalaman kepada semua peserta agar dapat menginspirasi dan memotivasi menjadi lebih baik,” kata Fikri.

Fikri mengatakan, apresiasi terbesar dari para narasumber saat ada peserta yang mampu berubah menjadi lebih baik.

“Ekspektasi kita bukan materi, tapi ada peserta yang mampu berubah jadi lebih baik. Contohnya peserta yang semula pendiam dan tidak berani bicara di hadapan orang banyak menjadi percaya diri untuk bisa tampil di depan publik,” lanjutnya.

Sementara itu, mantan Sekretaris Daerah Muara Enim Taufik Rahman, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Taufik, melalui kegiatan ini para pemuda diberikan inspirasi untuk memunculkan kreatifitas dan menggali potensi yang ada pada diri mereka

Taufik  berharap, kegiatan itu dapat berkelanjutan dan mempunyai target yang terstruktur.

“Saat ini banyak pemuda di Kabupaten Muara Enim yang memiliki potensi namun tidak diberdayakan oleh pemerintah. Untuk itu kita juga mengharapkan melalui kegiatan ini, para pemuda mempunyai wadah menyalurkan potensinya,” pungkas Taufik.