Muara Enim Siap Gelar PEDA KTNA XIV

Pj Bupati Muara Enim memaparkan kesiapan Muara Enim menjadi tuan rumah PEDA KTNA XIV Provinsi Sumsel (Foto: Diskominfo Muara Enim)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar mengatakan Kabupaten Muara Enim siap menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut disampaikan Nasrun saat melakukan paparan di depan Gubernur Sumsel dalam rembug pemantapan PEDA KTNA XIV tingkat Sumsel tahun 2021 di kediaman Ketua KTNA Sumsel, Kamis (27/5/2021), di  Komplek Tanah Mas, Kabupaten Banyuasin.

Baca Juga:

“Kabupaten Muara Enim siap menggelar Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang akan di laksanakan di Semendo Raya, tanggal 26 sampai 30 Juli 2021 nanti,” kata dia.

Nasrun juga mengajak perangkat daerah teknis terkait diantaranya Dinas TPHP, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo berkoordinasi dan komunikasi antar seluruh pihak terkait serta kerjasama dengan Pemprov Sumsel.

Apalagi kegiatan ini akan digelar dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 sehingga diharapkan berjalan dengan sukses, meriah dan lancar dan menghasilkan suatu produk ataupun inovasi yang dapat mendongkrak kesejahteraan para petani.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan rembug pemantapan hari ini adalah yang terakhir. Artinya sekaranglah waktunya untuk memberikan masukan dan bantuan kepada Kabupaten Muara Enim.

Sehingga target gelaran PEDA KTNA XIV ini untuk menjadikan petani yang kreatif dan inovatif guna mewujudkan Sumsel sebagai lumbung pangan terbaik tingkat nasional akan dapat tercapai.

Selain itu, HD juga merekomendasikan agar tanaman tradisional ataupun tanaman-tanaman langka asli Sumsel untuk dapat dijaga kelestariannya dan keberlangsungan hidupnya sehingga tidak akan punah.

Gubernur meminta Pj Bupati Muara Enim agar dalam penyelenggaran PEDA KTNA nanti mengundang semua organisasi yang membidangi pertanian, baik itu swasta, pemerintah ataupun suatu organisasi termasuk undang juga provinsi dalam kawasan Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

“Siapa tahu di dalam pertemuan itu nanti akan timbul pasar baru, pasar bagi provinsi yang lain atau pasar yang dapat menjawab harapan dan do’a dari para petani kita,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KTNA Prov Sumsel HM Basyir DA menyambut baik rembug yang dikemas dalam silaturahmi ini.

Dirinya yakin Kabupaten Muara Enim dapat sukses dalam pergelaran yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan di bidang pertanian terutama di Prov Sumsel dan Kabupaten Muara Enim.