Gubernur Herman Deru Buka Peda KTNA Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membuka Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumsel 20210 di Batu Tiking, Semende Darat Laut, Senin (15/11/2021).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membuka Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumsel 2021 di lapangan Batu Tiking, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim, Senin (15/11/2021).

Pembukaan PEDA KTNA Sumatera Selatan tandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Sumsel didampingi Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar dan dan Ketua KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor.

Baca Juga:

Herman Deru dalam sambutannya menyebutkan, Pemprov Sumsel akan terus berupayan meningkatkan produksi pertanian guna mencapai target Sumsel lumbung pangan di Indonesia.

“Saya apresiasi dan terima kasih kepada seluruh kabupaten/kota. Tahun ini kita peringkat empat nasional produksi hasil pertanian, tahun depan kita optimis bisa masuk tiga besar nasional,” kata dia.

Dia berharap, semua kepala daerah di Sumsel terus berupaya lebih keras lagi dalam upaya mensejahterakan masyarakat petani melalui program unggulan sesuai dengan potensi masing-masing daerah.

“Dalam waktu dekat akan segera diluncurkan Sumsel Mandiri Pangan sebagai komitmen pemerintah dalam mengurangi pengeluaran kebutuhan rumah tangga sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab semua pihak dalam memajukan pertanian Sumsel. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memajukan bidang pertanian. Dalam waktu dekat, akan segera meluncurkan Sumsel Mandiri Pangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Pejabat Bupati (Pj) Muara Enim, Nasrun Umar berkeinginan menjadikan Muara Enim sebagai kawasan agropolitan nomor satu di Sumsel. Upaya tersebut terus dilakukan kendati ditengah keterbatasan, namun tetap bekerja dan berkarya untuk mendukung terwujudnya Sumsel Maju Untuk Semua.

“Tugas kita adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil tani serta menuju Sumsel lumbung pangan nasional,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Muara Enim sendiri memiliki keunggulan sektor pertanian dengan komoditas unggulan kopi.

“Komitmen pemda mendukung cita-cita Sumsel menjadi lumbung pangan nasional dan food estate nasional. Program strategis telah dilakukan dengan mengembangan kawasan agropolitan, pengembangan wisata agrotech dan kawasan wisata Bedegung,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur melantik Pengurus KTNA Sumsel 2021-2026. Usai membuka Peda KTNA Gubernur dan rombongan melanjutkan agenda kerjanya penebaran 20 ribu benih ikan di Cek Dam, Desa Pulau Panggung serta meletakan atu pertama tanda dimulainya pembangunan Masjid Akbar, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende.