Kereta Pengangkut Batu Bara Tabrakan di Penanggiran

Petugas memeriksa kereta pengangkut batubara yang mengalami kecelakaan di Penanggiran, Gunung Megang (Foto: Humas PT KAI)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Dua Kereta Api (KA) pengangkut batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) mengalami kecelakaan di perlintasan kereta api di Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (11/12/2021), sekitar pukul 05.15 WIB.

Kereta api Babaranjang yang mengalami insiden kecelakaan itu diduga kereta api yang biasa mengangkut batubara dari PT Bukit Asam Persero (Tbk).

Baca Juga:

Kabag Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Saat ini kata dia, pihaknya sedang fokus penanganan evakuasi.

“Saat ini kami fokus dengan penanganan evakuasi,” kata dia saat dihubungi.

Aida mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan tersebut. Terkait penyebab kecelakaan, masih dalam penyelidikan.

Akibat kecelakaan tersebut, perjalanan kereta penumpang dari Stasiun Kertapati menuju Lubuklinggau maupun sebaliknya mengalami gangguan hingga proses evakuasi selesai.

Proses evakuasi diperkirakan tuntas pada tengah malam ini. Selain mengganggu jadwal kereta penumpang, kejadian itu juga menghambat suplai batu bara ke Pulau Jawa.

Aida mengatakan, untuk penumpang kereta api Bukit Serelo dan Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau pulang-pergi (PP) hari ini dibatalkan. Pihaknya akan mengembalikan uang tiket 100 %.

“Atas nama PTKAI Divre III Palembang kami jmenyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucapnya.