Kebakaran Dini Hari di Semende Darat Laut, Satu Rumah Panggung Ludes Dilalap Api

Rumah milik Minar di Desa Tanah Abang, Kecamatan Semende Darat Laut, ludes dilalap sijago merah dalam kebakaran Minggu (6/3/2022) dini hari.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Satu rumah panggung di Desa Tanah Abang, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim, ludes terbakar dilalap si jago merah, Minggu (6/3/2022) sekitar pukul 00.30 WIB.

Dalam waktu satu jam, api menghanguskan seluruh rumah panggung milik Minar (50) warga Kebun Dalam, Lampung Utara. Pada saat kebakaran rumah tersebut ditempati oleh Yawat (35). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga:

Informasi dihimpun, peristiwa kebakaran berawal saat penghuni melihat api sudah membesar dibagian dapur. Karena kondisi sudah larut malam, dia berusaha sendiri memadamkan api sambil berteriak minta tolong.

Tidak berselang lama warga berdatangan membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Kobaran api sulit dipadamkan karena dinding rumah terbuat dari kayu.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB setelah menggunakan mesin semprot portable milik damkar yang dipinjamkan ke Kecamatan Semende Darat Laut dan dibantu warga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Muara Enim Yulius melalui koordinator rescue Edy Ramlan, saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian kebakaran tersebut.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebt. Karena di dalam rumah hanya ada empat orang yakni pasutri bersama dua anaknya,” ungkapnya, Senin (07/03/2022) pagi kepada wartawan.

Terkait kerugian, Edy mengatakan jumlahnya belum bisa dipastikan. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 00.30 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB, setelah itu pendinginan sampai pukul 02.30 WIB.

“Untung ada mesin semprot unit portable milik Damkar yang dipinjamkan ke Kecamatan SDL untuk penanggulangan awal. Damkar SDT dan SDU terlambat di telepon dan juga jarak serta kondisi medan yang sulit. Insya Allah tahun ini SDL dibentuk Pos Damkar dengan 1 unit Damkar,” pungkasnya.