PKBM dan SKB di Muara Enim Gelar UNBK Paket B dan C

14 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan 1 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kabupaten Muara Enim menggelar UNBK 2018 Paket C dan B.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Sebanyak 14 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan 1 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kabupten Muara Enim, akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Paket B setara SMP serta Paket C setara SMA pada April dan Mei 2018 ini.

Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah dan PAUD Sri Hidayati melalui Kepala Seksi Kurikulumnya Ispada mengatakan, tahun ajaran 2017-2018 ini semua PKBM dan SKB yang ada dibawah nanungannya akan menggelar UNBK.


Berita Terkait: 2.605 Siswa SMK di Muara Enim Ikuti UNBK


“Alhamdulillah tahun ini merupakan yang kedua pelaksanaan UNBK bagi 14 PKBM di seluruh Kabupaten Muara Enim baik paket B ataupun C, sementara paket A hanya menggelar USBN saja,” terang Ispada saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (5/4/2018).

Walaupun pelaksanaan UNBK ini sudah seratus persen di Kabupaten Muara  Enim, namun masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh PKBM, yaitu belum memiliki fasilitas ruang komputer serta peserta yang kebanyakan berusia di atas 21 tahun.

“Semua PKBM dan SKB masih menumpang ke sekolah formal untuk pelaksanaan UNBK, karena fasilitas komputer belum ada. Kemudian faktor peserta didik yang hampir seluruhnya berusia di atas 21 tahun yang tidak kenal dengan komputer,” terangnya.

Ispada berharap pemerintah dapat memperhatikan PKBM seperti formal minimal SKB yang merupakan sekolah negerinya pendidikan kesetaraan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Kami berharap pemerintah dapat memperhatikan PKBM dan SKB terkait pelaksanaan UNBK serta fasilitas yang diperlukan dan kami harap jangan cuma memperhatikan pendidikan formal saja namun pendidikan kesetaraanpun meski diperhatikan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ispada juga mengatakan  dengan UNBK ini juga terdapat kelebihannya dari pada UNKP karena dengan sistem ini integritas kejujuran tinggi, serta sistem sirkulasi soal dan murah biayanya dibandingkan UNKP.

“UNBK ini menghemat biaya distribusi soal serta integritas kejujuran cukup tinggi dan kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh sekolah formal yang sudah memiliki fasilitas laboratorium komputer untuk pelaksanaan UNBK bagi pendidikan kesetaraan yang ada di Kabupaten Muara Enim,” tutupnya.