Pemkab Muara Enim Minta Dukungan Masyarakat Dalam Pencegahan Dan Penanganan Stunting

Sosialisasi stunting bagi satuan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Paguyuban Orang Tua di Kabupaten Muara Enim tahun 2021.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah kabupaten Muara Enim meminta dukungan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan stunting di Bumi Serasan Sekundang.

Hal ini disampaikan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana saat membuka sosialisasi stunting bagi satuan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Paguyuban Orang Tua di Kabupaten Muara Enim tahun 2021, Selasa (29/03/2021), di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim.

“Tak ada satupun penelitian yang menyatakan bahwa keturunan memegang faktor yang lebih penting dari pada gizi dalam hal pertama fisik anak hal ini bisa menangkal persepsi masyarakat yang pada umumnya menganggap pertumbuhan fisik dan faktor keturunan,” ungkapnya.

Dari permasalahan tersebut, kata dia, pencegahan dan penanganan stunting perlu adanya dukungan dan partisipasi masyarakat yang disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi di masing-masing kecamatan.

“Kita mengharapkan agar sepulang dari sini para peserta dapat melaksanakan berbagai program seperti yang akan didapatkan dalam materi berapa hari ke depan sehingga dapat terjadi siklus pola hidup yang sehat di desa masing-masing yang berujung pada penurunan angka stunting di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Non Formal Sri Hidayati yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim dalam laporannya menjelaskan, kegiatan yang diikuti 600 orang peserta ini dengan menerapkan protokol kesehatan dibagi dalam 3 angkatan dan akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 30 Maret sampai 1 April 2021.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan terkait pola asuh orang tua pengasuhan pendidikan gizi dan kesehatan kepada orang tua anak usia dini di satuan PAUD masing-masing,” ungkapnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Muara Enim.

“Adanya kegiatan ini besar harapan kita dapat membantu menurunkan angka stunting ini di kabupaten Muara Enim,” pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber dari Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen Jakarta, BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Selatan, Dinas PPKB Kabupaten Muara Enim dan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.