Sekda Muara Enim: Jangan Sebar Berita Tidak Benar Soal Virus Corona

Hasanuddin, Sekretaris Daerah Muara Enim

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM –  Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanuddin menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyebarkan berita yang tidak benar tentang virus corona.

Hal tersebut disampaikan Hasanuddin menanggapi beredarnya kabar di media sosial tentang pasien seorang tenaga kerja asing suspect corona di RS HM Rabain.

Berita Terkait:

“Pasien tersebut demam berdarah, bukan virus Corona, jangan menyebarkan berita yang tidak benar, tidak semua yang terjangkit flu dan batuk bisa tertular virus, apalagi WNA yang berasal dari China terkena sakit, belum tentu terjaring virus corona, butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk memutuskan apakah benar terjangkit virus atau tidak,” kata dia Jumat (31/1/2022) kemarin.

Pemkab Muara Enim menurut Hasan, terus memantau perkembangan WNA yang masuk ke Kabupaten Muara Enim. Langkah strategis Pemkab Muara Enim mengantisipasi penyebaran virus tersebut, dengan membentuk tim khusus pencegahan virus corona secepatnya

Selain itu Dinas Kesehatan meminta seluruh Puskesmas di Kabupaten Muara Enim untuk mengambil siaga deteksi dini, ada riwayat perjalanan ke negara terjangkit, serta menjelaskan cara pencegahannya, dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker, jika ada gejala yang terjangkit segeralah periksakan ke Puskesmas terdekat.

“Kita telah melakukan antisipasi dengan menyurati seluruh Puskesmas dan jika ada gejala terjangkit penyakit segeralah periksa ke Puskesmas terdekat,” pungkasnya.

Hasan juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim, untuk pencegahan agar memakai masker setiap beraktivitas di luar rumah.

“Setiap bulannya harus ada laporan ke Gubernur Sumsel, sesuai surat edaran Pertanggal tanggal 30 Januari 2020 kemarin, harus di tindak lanjuti,” kata dia.