Balitbangda Kabupaten Muara Enim Gelar Sosialisasi Penulisan Karya Ilmiah

Sosialisasi penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan Balitbangda Muara Enim Kabupaten Muara Enim, Selasa (23/11/2021), di Hotel Grand Zuri, Muara Enim.

PALUGADANEWSMUARA ENIM – Sebanyak 75 perwakilan organisasi perangkat daerah, kecamatan, tenaga pendidik perguruan tinggi hingga sekolah menengah, dan sejumlah perwakilan organisasi di Kabupaten Muara Enim mengikuti sosialisasi penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Muara Enim, Selasa (23/11/2021), di Hotel Grand Zuri, Muara Enim.

Dalam sambutannya mewakili Pj Bupati Muara Enim, Asisten III Riswandar mengharapkan kepada seluruh peserta kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan diaplikasikan di masyarakat.

Baca Juga:

“Kami berpesan kepada seluruh peserta baik itu OPD, kecamatan, tenaga pendidikan, maupun perwakilan organisasi untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, hingga nantinya akan bermanfaat dan dapat diaplikasikan di masyarakat dan Kabupaten Muara Enim,” ujar dia.

Riswandar mengatakan, seiring dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) fasilitasi diseminasi berupa media pertemuan ilmiah (sosialisasi). Tujuan khusus diseminasi dan pemanfaatan teknologi yang potensial dari hasil riset dan inovasi perangkat daerah, perguruan tinggi atau masyarakat umum ke lembaga usaha melalui penerapan IPTEK di masyarakat.

“Sasaran Diseminasi Kelitbangan adalah meningkatkan komersialisasi produk IPTEK hasil penelitian dan inovasi ke dalam lembaga usaha, Meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk iptek hasil penelitian dan inovasi di masyarakat/kelompok masyarakat,” ujarnya.

Hal Ini, lanjut dia, sejalan dengan Visi Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera, dimana pada salah satu misinya adalah Ekonomi Kerakyatan Kreatif yang kemudian dijabarkan lagi menjadi program kerja strategis, salah satunya adalah mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui komoditi produk lokal dan unggulan.

Kemudian, Riswandar menambahkan beberapa manfaat pada kegiatan ini adalah diantaranya berpotensi masuk ketahap komersial dan memantapkan program pengembangan atau penguatan kelitbangan dan inovasi melalui diseminasi kelitbangan ataupun kegiatan sosialisasi penulisan karya tulis ilmiah.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan yang telah bersedia membagikan Ilmunya kepada para peserta sosialisasi,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Balitbangda Muara Enim Tarmizi melalui ketua Panitia Anggraini Wulandari Pratiwi melaporkan kegaiatan tersebut diikuti oleh sejumlah perwakilan OPD, kecamatan, tendik, dan organisasi di lingkup Kabupaten Muara Enim.

“Peserta sebanyak 75 orang terdiri dari perwakilan OPD, kecamatan, tenaga pendidik perguruan tinggi maupun menengah, dan organisasi dengan narasumber penelitian ahli pertama PMB-BRIN Yoka Pramadi. Tujuannya para peserta dapat memahami cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar hingga mampu diterapkan di lapangan,” ucap dia.