Berikut Daftar Laboratorium di Sumsel yang Diakui dengan Kemenkes

Ilustrasi tes PCR (Foto: Shutterstock)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Mulai 12 Juli 2021 pemerintah hanya mengakui hasil tes PCR dari 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai syarat perjalanan atau penerbangan.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan kebijakan itu dilakukan untuk memastikan keamanan setiap penumpang dalam bepergian serta menekan laju penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Baca Juga:

“Semua data dari hasil pemeriksaan swab PCR/antigen tersebut akan masuk dalam data New All Record (NAR) yang terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi.  Untuk lab-lab yang belum memasukkan data ke NAR, mulai 12 Juli 2021 hasil swab PCR/antigennya tidak berlaku untuk penerbangan atau perjalanan,” ujar Budi seperti dilansir dari laman Kemenkes.go.id, Kamis (22/7/2021).

742 Lab yang terafiliasi dengan Kemenkes dan memasukkan data ke dalam NAR. Sehingga hanya hasil swab PCR/Antigen dari lab yang sudah terafiliasi yang bisa dipakai sebagai syarat penerbangan.

“Dengan mekanisme baru ini, maka pengecekan kesehatan penumpang dilakukan saat keberangkatan dan bukan saat kedatangan sehingga bisa membuat para penumpang merasa lebih aman dan nyaman,” tutur Menkes.

Di Sumatera Selatan terdapat 16 lab pemeriksaan Covid-19 di yang telah terafiliasi dengan Kemenkes. Sementara untuk di Kabupaten Muara Enim terdapat 1 lab yaitu di lab RS Bukit Asam Medika Tanjung Enim.

Berikut ini daftar laboratorium di Sumatera Selatan pemeriksa Covid-19 yang yang diakui Kemkes yang diambil dari laman https://www.litbang.kemkes.go.id/laboratorium-pemeriksa-covid-19/:

  1. BBLK PALEMBANG
  2. RSUP Moh.Husein, Palembang
  3. BTKLPP Palembang
  4. RS Pusri
  5. RS Bhayangkara Palembang
  6. RSUD Sekayu Kab Musi Banyuasin
  7. RSUD Siti Fatimah Palembang
  8. Laboratorium RS AR Bunda Kota Lubuk Linggau
  9. Laboratorium RS AK Gani Palembang
  10. RS Sobirin Musi Rawas
  11. RS SILOAM SRIWIJAYA
  12. Laboratorium RS Pertamina Plaju
  13. RS Bukit Asam Medika Tanjung Enim
  14. Labkes Kab Lahat
  15. Laboratorium RSUD Bari Palembang
  16. Laboaratorium RSUD OKU Timur