Tiga Desa di Semende Darat Ulu Akhirnya Dialiri Listrik

Peresmian jaringan listrik di tiga desa di Kecamatan Semende Darat Ulu

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Masyarakat Desa Danau Gerak, Desa Plakat dan Desa Tanjung Agung di Kecamatan Semende Darat Ulu berlega hati. Desa di  Kabupaten Muara Enim tersebut akhirnya dialiri listrik ditandai dengan peresmian jaringan listirk oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (27/7/2021), di Desa Plakat.

“Listrik ini merupakan kebutuhan utama. Alhamdulillah 99 persen wilayah di Sumsel ini sudah tercover listrik,” kata Herman dalam sambutannya saat peresmian.

Baca Juga:

Herman mengatakan, Sumsel merupakan sentral energi listrik di pulau Sumatera. Tentunya untuk mewujudkan pemerataan jaringan listrik bukan hal yang mustahil.

“Sumsel khususnya Muara Enim merupakan sentral energi listrik di Sumatera. Mulai dari Aceh hingga Lampung sebagian besar listriknya di pasok dari Muara Enim,” kata dia.

“Listrik ini salah satu konsen kita. Ini karena kita merupakan lumbung energi listrik. Kita targetkan, jika wilayah itu tidak terkendala lahan makan jaringan listrik akan kita bangun,” lanjutnya.

Masuknya listrik di tiga desa ini, lanjut dia, merupakan komitmen Pemprov Sumatera Selatan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Ini komitmen kita. Keberadaan listrik ini dapat mendorong anak-anak semakin semangat belajar dengan maksimal. Ini juga untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Listrik bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan perekonomian,” tuturnya.

Dijelaskannya, suksesnya suatu pembangunan jaringan listrik di tiga desa tersebut tak lepas dari dukungan masyarakat.

“Pembangunan jaringan listrik oleh PT PLN ini tentu tidak akan berjalan maksimal jika masyarakatnya tidak mendukung. Masyarakat di sini merelakan sedikit lahannya dilewati jaringan listrik,” paparnya.

Selain meresmikan jaringan listirk, Herman Deru juga membagikan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Bantuan ini sebanyak 6 ton beras untuk masyarakat di tiga kecamatan di Semende. Bantuan ini masyarakat yang ekonominya merosot karena pandemi COVID-19 dan PPKM. Masyarakat di Sumsel kita bantu, jika pun kurang akan kita sediakan lagi,” ujarnya.