Akibat Korsleting Listrik, Satu Rumah Panggung di Penanggiran Terbakar

Rumah panggung di Desa Penanggiran Sabtu malam (25/9/2021) ludes terkabar

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Kebakaran melanda satu rumah panggung pada Sabtu malam (25/9/2021) sekitar pukul 20.30 WIB di Dusun VI, Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

Kebakaran yang menimpa rumah milik Mawi (50) diduga disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik.

Baca Juga:

Kebakaran diketahui Mawi dan istrinya Susmini yang saat itu berada dalam rumah. Mereka mendengar suara letusan yang berasal dari arus pendek listrik dari atas rumah.

Kemudian muncul api dan terus membesar hingga membakar rumah panggung miliknya. Atas musibah ini korban mengalami kerugian materil mencapai Rp 400 juta.

Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar melaui Kapolsek Gunung Megang AKP Herly Setiawan saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Saat evakuasi dan pemadaman pihaknya beserta masyarakat dan Dinas PBK Muara Enim terus berupaya melakukan pemadaman agar tidak menjalar ke rumah warga lainnya.

“Benar adanya musibah kebakaran tersebut dan tadi malam anggota kita berjumal tujuh personil bersama Dinas Pemadam Kebakaran (DPBK) Muara Enim serta dibantu warga beulrupaya memadamkan api tersebut agar tidak menjalar ke rumah penduduk lainnya,” ungkap Herli, Minggu (26/09/2021).

Herly mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kebakarna yang disebabkan hubungan arus pendek tersebut. Namun korban mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

“Kita berkoordinasi dengan Pemdes Penanggiran dan pihak korban untuk memastikan perkiraan jumlah besaran kerugian yang dialami korban. Pemdes Penanggiran membuat laporan kebakaran sebagai administrasi apabila nantinya korban akan mengajukan perbaikan surat menyurat yang ikut terbakar. Kita juga berkoordinasi dengan Pemdes agar melaporkan kejadian kebakaran tersebut ke Pemkab Muara Enim agar dapat diberikan bantuan kemanusian dari dinas instansi terkait,” pungkasnya.

Dalam musibah kebakaran itu DPBK Muara Enim menurunkan satu unit PBK Kecamatan Gunung Megang, 1 (satu) unit PBK dari Kecamatan Belimbing, dan 3 (tiga) unit PBK dari DPBK Kabupaten Muara Enim.