Gempa 3,7 Magnitudo SR Guncang Muara Enim

Peta guncangan gempa bumi di Muara Enim dan sekitaranya (Foto: BMKG)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Gempa mengguncang Muara Enim dan sekitaranya pagi tadi sekitar pukul 08:54:57 WIB, Jumat 31 Desember 2021. Menurut BMKG, gempa di wilayah Muara Enim tersebut berkekuatan Magnitudo 3.7 SR.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,7. Episenter terletak pada koordinat 3.82 LS dan 103.73 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km Barat Daya Muara Enim, Sumatera Selatan pada kedalaman 5 kilometer,” ungkap Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II – Tangerang Selatan Hendro Nugroho, dilansir dari laman BMKG, Jumat (31/12/2021).

Baca Juga:

Jenis dan mekanisme gempa bumi tersebut dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

“Dampak Gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Muara Enim dengan skala intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan belum ada tanda akan terjadi gempabumi susulan.

“Hingga pukul 09:33 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Akan tetapi kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar dia.

Terakhir ia juga mengatakan kepada masyarakat untuk memastikan segala informasi bersumber dari pihak BMKG.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” pungkasnya.