BSB Bagi Laba, Muara Enim Terima Dividen Rp 7,5 Milyar

RUPS Bank Sumsel Babel

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Hasanudin mewakili Bupati Muara Enim menghadiri RUPS PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (BSB) di Hotel Novotel, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (9/3/2020) kemarin.

Pemkab Muara Enim sebagai salah satu pemegang saham, saat ini membukukan jumlah saham sebesar Rp 54,5 milyar, terdiri dari 41 lembar saham dengan nominal Rp 41,2 milyar ditambah agio sebesar Rp 13,3 milyar.

Angka tersebut menjadikan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai pemegang saham dengan posisi setoran saham terbesar kelima dari 27 pemegang saham yang ada.

Baca Juga:

Komisaris Utama Bank Sumsel Babel Eddy Junaidi dalam sambutannya melaporkan realisasi keseluruhan aset sepanjang tahun buku 2019 mencapai Rp 27,983 triliun atau tercapai 104,66% dari target yang ditetapkan.

“Total aset ini mengalami peningkatan sebesar Rp 2,3 triliun atau 9% dibandingkan tahun 2018 lalu, sedangkan untuk laba terealisasi sebesar Rp 489 miliar atau tercapai 103%. Jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, maka pencapaian laba 2019 ini terjadi peningkatan sebesar Rp 41,5 miliar atau naik 9,28%,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil keputusan rapat, jumlah dividen (pembagian laba perusahaan) ditetapkan sebesar 50% dengan total nominal Rp181,5 milyar. Besaran dividen tahun buku 2019 yang diterima Kabupaten Muara Enim sebesar Rp 7,5 milyar. Jumlah tersebut lebih besar 9,3% dari pada tahun sebelumnya.

“Dividen ini akan disetorkan langsung ke kas daerah sebagai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2020,” lanjutnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hassanudin menyambut baik pembagian dividen yang telah ditetapkan tersebut. Ia berharap sinergisitas hubungan kemitraan Bank Sumsel Babel dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai pemegang saham dapat lebih optimal untuk memberikan sumbangsih dalam pembangunan Kabupaten Muara Enim.

“Kita berharap agar sinergisitas hubungan kemitraan Bank Sumsel Babel dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai pemegang saham dapat lebih optimal untuk memberikan sumbangsih dalam pembangunan Kabupaten Muara Enim,” terang Sekda.

Sedangkan, Kepala Kantor Cabang Bank Sumsel Babel Muara Enim, Benney Maryanto mengharapkan dapat terealisasinya penambahan saham Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebesar Rp 25 milyar hingga tahun 2022 mendatang.

Hal tersebut telah diajukan dan dibahas pada Badan Anggaran DPRD Kabupaten Muara Enim sehingga dapat menstimulus penerimaan dividen yang lebih signifikan.

“Besar juga harapan kita semua ke depan Pemkab Muara Enim mampu merealisasikan penambahan saham sebesar Rp 25 Milyar yang sedang dibahas di Banggar DPRD Muara Enim hingga nanntinya penerimaan deviden akan dapat meningkat lebih signifikat bagi Pemkab Muara Enim,” pungkasnya.