Bertambah 5 Kasus, Transmisi Lokal Ancam Penyebaran Covid-19 di Muara Enim

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Muara Enim Panca Surya Diharta.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Muara Enim bertambah lima orang pada Kamis (14/5/2020). Kelima kasus tambahan ini merupakan transmisi lokal. Total saat ini tercatat 8 kasus positif, sebelumnya terkonfirmasi 3 kasus, satu diantaranya meninggal dunia.

Hal tersebut ungkapkan juru bicara Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta, Kamis (14/5/2020).

“Bertambah lima orang positif Covid-19, kelimanya adalah transmisi lokal dari kasus 138 asal Palembang,” kata Panca kepada wartawan di Muara Enim.

Baca Juga:

Kelima pasien positif tersebut, kata Panca, merupakan kasus transmisi lokal pertama. “Kelima pasien ini terpapar secara lokal berawal dari pasien kasus 138 yang juga merupakan tenaga kesehatan yang terpapar secara impor terlebih dahulu,” urai Panca.

Disebutkan Panca, dari lima orang tersebut, empat diantaranya tenaga medis di RS HM Rabain. Satu orang lainnya merupakan keluarga salah seorang tenaga medis yang lebih dulu terjangkit Covid-19.

“Kasus 5 positif ini dipastikan transmisi lokal, karena penyebaran dari pasien sebelumnya yang sudah terpapar disini, bukan berasal dari luar,” ungkap Panca.

Panca mengatakan, kelima pasien positif Covid-19 tersebut adalah kasus nomor 329, 332, 334, 336, dan 440 di Sumsel berdasarkan hasil swab test yabg dikeluarkan oleh Balai Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

“Semuanya adalah warga Kecamatan Muara Enim dan kelimanya sudah di rawat di RS HM Rabain,” imbuhnya.

Saat ini, kata Panca, pihaknya masih menunggu hasil 15 sampel swab yang dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

“Kita masih menunggu hasil 15 sampel swab yang kita kirim ke BBLK Palembang, Jika kasusnya positif, kemungkinan besar layanan akan kita pindahkan sementara waktu ke RS Bukit Asam,” imbuhnya.

Sementara di RS HM Rabain, kata dia, akan dilakukan sterilisasi menyeluruh baik ruangan maupun peralatan untuk memutus penyebaran Covid -19.

“Kita akan melihat perkembangan dulu, harapannya hasil swab yang kita kirim tersebut negatif,” kata dia.