Plt Bupati Muara Enim Minta Bansos Covid -19 Tepat Sasaran

Foto: Ilustrasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim Juarsah meminta bantuan sosial (bansos) yang diberikan ke masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 tepat sasaran. Masyarakat yang mendapatkan batuan tersebut benar-benar layak menerimanya.

Juarsah juga berharap bansos tersebut dapat membantu masyarakat Kabupaten Muara Enim dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga:

“Harapan kita bantuan sosial ini akan tepat sasaran dan mari kita bersama menyukseskan bantuan sembako ini baik itu TNI, Polri yaitu Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa untuk mengawal bansos ini,” kata Juarsah, Senin kemarin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanudin mengatakan, bansos dapat dilaksanakan dengan syarat di luar data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan BLT dana desa. Adapun bantuan tahap pertama yaitu masyarakat yang ada di kelurahan.

“Untuk tahap pertama ini kita fokuskan ke kelurahan terlebih dahulu, karena kelurahan tidak memiliki dana desa. Kemudian besaran sembako senilai Rp 200 ribu KK diberikan sebanyak satu kali dan akan dilakukan sistem door to door untuk menghindari penyebaran Covid -19,” ungkapnya.

Hasanuddin mengatakan pembagian sembako ini harus diverifikasi dahulu agar tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan.

“Pembagiannya sembako ini harus diverifikasi dahulu supaya tepat sasaran dan pelaksananya kegiatan ini juga telah ditetapkan oleh Dinas Sosial sebagai leading sektornya,”pungkasnya.

Berikut rincian bansos sembako senilai Rp. 200 ribu yang diberikan 1 kali yaitu beras premium 10 kg, gula 1 kg, minyak sayur 1kg, gandum 1 kg, garam 1 kg dan kecap 1 botol besar.

Adapun sasaran bantuan sosial tahap I ini masyarakat Kabupaten Muara Enim, di luar data DTKS dan BLT dana desa, yang diprioritaskan kepada masyarakat yang berdomisili di sepuluh kelurahan di tiga kecamatan (Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Gelumbang).