Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Kota Muara Enim Terendam Banjir

Banjir merendam Jalan Jendral Sudirman, Muara Enim, Minggu (31/5/2020) malam

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM –  Hujan deras yang mengguyur Kota Muara Enim menyebabkan banjir di sejumlah wilayah sejak Minggu (31/5/2020) malam.

Banjir merendam kawasan pemukiman warga di lingkungan Bedeng PJKA RT 04 RW 03 Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim mengakibatkan 40 rumah dan 1 mushola terendam air.

Banjir juga meredam rumah warga di Kampung 2 dan 3, Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim. Selain itu, banjir juga terjadi di Kelurahan Pasar II Muara Enim, Kelurahan Muara Enim, Rumah Tumbuh, Pelita Sari serta Ayik Putih.

Baca Juga:

Sementara itu, di Jalan Jendral Sudirman, ketinggian banjir dilaporkan sekitar 50 sentimeter hingga 1 meter sepanjang 150 meter. Jalan yang semula terdiri dua jalur ini harus di tutup karena tidak bisa dilewati kendaraan roda 4 dan roda 2.

Menurut salah satu warga di Keluarahan Pasar 1, Muara Enim, Taufik Firdaus, banjir di wilayah mereka sudah berlangsung 30 tahun lebih.

“Sudah berulang kali di laporkan dan ditinjau oleh pihak terkait hanya saja sampai terjadi banjir pada Minggu (30/5/20) belum dilakukan tindakan atau dilakukan solusi penanggulangannya,” kata dia.

“Alasannya klasik yakni bukan jalan Kabupaten dan Kabupaten tidak mempunyai wewenang, wewenangnya ada di pemerintah pusat, itu yang sering kita dengar. Beberapa bulan yang lalu pernah ditinjau oleh pihak Dinas PUPR dan instansi terkait lainnya sampai sekarang belum ada kejelasannya,” terang dia

Taufik mempertanyaakan apakah wilayah Kelurahan Pasar I Kecamatan Muara Enim bukan bagian Negara Indonesia sehingga persoalan ini tidak kunjung selesai.

“Apakah sampai ganti pimpinan lagi tapi masalah ini tidak kunjung selesai. Tolong kepada pemerintah perhatikan masalah ini, carikan solusi dan jalan yang terbaik agar kami warga RT 04 RW 03 Kelurahan Pasar I ini tidak mengalami banjir lagi,” harapnya.

Sementara itu, Camat Muara Enim, Asarli, dihubungi melalui pesan layanan whatapps mengatakan, saat ini pihaknya akan berkordinasi dengan jajaran Dinas PUPR. Dia juga meminta warga agar warga melaksanakan gerakan gotong royong membersihkan saluran air di lingkungan banjir tersebut.