Plt Bupati Muara Enim Lantik 135 Pejabat Eselon II hingga IV Secara Virtual di Tengah Corona

Plt Bupati Muara Enim Juarsah, melantik 135 orang pejabat Eselon II hingga IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim secara virtual pada Kamis (28/5/2020) kemarin. 

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim Juarsah, melantik 135 orang pejabat Eselon II hingga IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim secara virtual pada Kamis (28/5/2020) kemarin.

Juarsah dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan para pejabat ini merupakan hal yang biasa dan keharusan dalam suatu organisasi, lebih-lebih organisasi yang besar seperti Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Juarsah mengatakan, kedudukan dan jabatan bagi seorang pegawai negeri sipil merupakan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan.

Baca Juga:

“Pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali bahwa sebagai suatu kepercayaan hendaknya jabatan yang diemban haruslah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan mentaati peraturan perundang-undangan  yang berlaku, dan yang tak kalah pentingnya bahwa jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT,” ungkapnya.

Juarsah mengakui pelantikan yang dilaksanakan ini mempunyai nuansa yang berbeda dari biasanya, hal ini untuk tetap mentaati protokol kesehatan yaitu untuk menjaga jarak dan mengurangi kerumunan massa disamping itu para pejabat yang dilantik tetap berada di tempatntya masing-masing.

Pelantikan melalui teleconference seperti ini, kata dia, sesuai surat edaran kepala BKN nomor 10 /se/iv/2020 tanggal 2 April 2020.

Juarsah menambahkan, pelantikan pejabat struktural dan pejabat fungsional dilakukan dalam rangka mengisi jabatan yang sudah lama lowong karena pejabat sebelumnya memasuki usia pensiun, adanya penghapusan UPDM, perubahan nomenklatur, mutasi dan untuk kepentingan dinas serta memenuhi kepentingan organisasi.

“Untuk itu pelantikan hari ini semata-mata untuk kepentingan roda organisasi agar dapat bekerja secara optimal disamping itu dimaksudkan pula untuk kepentingan promosi bagi aparatur sipil negara itu sendiri,” lanjutnya.

Menurutup sambutannya, Juarsah berharap para pejabat yang dilantik segera melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, terlebih saat ini sedang fokus penanganan wabah dan dampak sosial dari Covid-19.

“Saya minta juga kepada aparatur sipil negara di jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk berperan aktif mengedukasi masyarakat dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam menghadapi Covid-19 ini,”lanjutnya.

Sementara itu, Kepala DKSDM kabupaten Muara Enim Harson Sunardi melalui Kabid Mutasi Romsah menjelaskan para pejabat yang dilantik hari ini merupakan pejabat eselon II, III, dan IV.

“Terdapat sebanyak 135 pejabat yang dilantik hari ini dengan rincian eselon II sebanyak 6 orang, eselon III sebanyak 42 orang, eselon IV sebanyak 78 orang, dan jabatan fungsional sebanyak 9 orang,” imbuhnya.