PTBA Bantu Korban Banjir di Lawang Kidul

PT Bukit Asam menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (13/10/2021).

PALUGADANEWS.com, TANJUNG ENIM – Banjir melanda sejumlah rumah warga di RT 01, RT 02, RT 04, dan RT 05 di RW 07 Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul akibat curah hujan yang tinggi pada Selasa malam (12/10/2021) pukul 21.30 WIB.

Sebagai upaya membantu warga yang terdampak banjir, tim tanggap darurat bencana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyalurkan bantuan bagi korban banjir di Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga:

Bantuan disalurkan dalam bentuk logistik makanan sebanyak 600 bungkus nasi dan 15 buah kasur untuk para korban yang layak menerima.

Tidak hanya itu, tenaga medis dari Rumah Sakit Bukit Asam Medika (RSBAM) juga diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang menjadi korban banjir.

Manajer Bina Wilayah dan Lingkungan CSR PTBA Hendri Mulyono melalui Asisten Manajer Listati didampingi Erwandi mengatakan, tanggap darurat bencana dari PTBA ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat yang terdampak musibah.

“Selama ini, bukan hanya terhadap korban musibah banjir saja yang biasa diberikan, tapi juga bila terjadi kebakaran dan bentuk bencana lainnya. Tim tanggap darurat bencana PTBA langsung terjun ke lapangan guna melakukan semacam bentuk pendataan dan evakuasi bencana,” kata dia.

Listiati berharap bantuan PTBA ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat dan bermanfaat serta digunakan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Camat Lawang Kidul Andrille Martin menyampaikan bahwa pihaknya bersama PTBA sejak Rabu pagi melaksanakan pembersihan sepanjang Jalan Bedeng Kaca.

“Ada beberapa titik banjir karena hujan turun dengan lebat seperti di Saringan, Bedeng Kaca, Pasar Lama dan Tegal Rejo. Karena drainase siring tidak tertampung maka air meluap hingga mengakibatkan terjadi banjir,” kata dia.

“Masyarakat saya sudah terbiasa banjir, tapi yang terjadi Selasa malam air sampai lutut. Maka itu, kami turun ke lapangan merapikan yang tersumbat. Dan syukur Alhamdulillah air sudah menyurut,” kata dia.

Andrille juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan pada tempatnya dan memberikan kesempatan kepada kontraktor untuk merapikan drainase kolang-kolang agar tidak banjir lagi,” himbaunya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada PTBA karena telah membantu masyarakat Lawang Kidul serta memberikan layanan kesehatan untuk para korban.

Sementara itu, Vivit warga Bedeng Kaca salah satu penerima bantuan kasur bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh PTBA. “Terima kasih PTBA untuk perhatian dan bantuannya. Semoga banjir tidak terulang lagi,” ujarnya.