Catat! Pemkab Muara Enim Akan Terima 2.361 CPNS dan PPPK

Ilustrasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim membuka 2.361 formasi an Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga:

“Kita akan menerima ribuan CPNS dan PPPK pada formasi tahun 2021 ini,” ungkap Kepala BKPSDM Kabupaten Muara Enim Harson Sunardi, Rabu (19/5/2021), saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Menurut Harson, pihaknya cukup banyak mengajukan usulan CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), akan tetapi yang disetujui sedikit.

Padahal, kata dia, tenaga PNS terutama tenaga guru sudah banyak yang pensiun dan meninggal sehingga saat ini sangat kekurangan dan mengandalkan tenaga guru honorer. Dan dengan diangkatnya tenaga guru dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) setidaknya bisa sedikit mengatasi kekurangan guru yang berstatus PNS.

“Untuk penerimaan formasi tahun 2021, untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 238 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan 198 orang dan tenaga teknis 40 orang. Sedangkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 2123 orang yang terdiri dari tenaga guru 2111 orang dan tenaga kesehatan sebanyak 13 orang,” urainya.

Ditambahkan dia, adapun test yang digunakan bagi tenaga CPNS dan Tenaga PPPK formasi tenaga kesehatan akan menggunakan sistim Computer Assisted Test (CAT). Sedangan untuk tenaga PPPK formasi guru akan menggunakan sistim UNBK.

“Untuk tempat test belum tahu pasti, namun masih tetap di Kabupaten Muara Enim, karena kita masih penjajakan dibeberapa tempat seperti GOR Takraw Muara Enim, sebab peserta test dipastikan akan banyak dan perlu ruangan yang besar sehingga bisa banyak menampung peserta test,” tambahnya.

Lebih lanjnut, Harson mengingat kondisi sekarang masih pandemi Covid-19 tentu perlu ruang yang besar untuk menjaga jarak.

“Untuk jadwal penerimaan secara pasti belum fix, besok akan dirapatkan lagi,” pungkasnya.