Kopi Semende Raih Juara 2 API Award 2020 Kategori Minuman Tradisional Terpopuler

Kopi Semende dari Kabupaten Muara Enim meraih juara 2 ajang API Award 2020 kategori minuman tradisional terpopuler.

PALUGADANEWS.com, Muara Enim – Upaya Kabupaten Muara Enim menjadikan Kopi Semende sebagai minuman tradisional yang dikenal luas di Indonesia akhirnya mendapat hasil yang membanggakan.

Kopi Semende ditetapkan sebagai minuman tradisional terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 kategori minuman tradisional, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (21/5/2021) kemarin.

Baca Juga:

Penghargaan tersebut diterima Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim Erwin Faisal mewakili Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Alhamdulillah, Kopi Semende menjadi juara dua minuman tradisional terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020. Perjuangan panjang kita akhirnya berbuah penghargaan ini,” kata Erwin melalui pesan whatsapp, Selasa (25/5/2021).

Erwin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejak awal mendukung kemenangan Kopi Semende di ajang API Award ini.

“Tanpa dukungan semua pihak baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga pemerintah, pihak swasta, UMKM, organisasi masyarakat, komunitas dan masyarakat luas yang melakukan vote melalui SMS, Instagram maupun Youtube, Kopi Semende tidak mungkin bisa menang menjadi juara 2,” ujar dia.

Selain itu Kopi Semende dari Kabupaten Muara Enim, ada beberapa daerah lain di Sumsel yang menerima penghargaan API Award 2020 ini yaitu Bekarang dan Skyland Supermoto dari Kabupaten Musi Banyuasin, Festival Danau Ranau dari Kabupaten OKU Selatan, masing-masing meraih juara pertama.

Kemudian Desa Burai dari Kabupaten Ogan Ilir dan Dusun Sri Pengantin dari Kabupaten Musi Rawas, meraih juara ke dua. Selanjutnya Tanggo Buntung Kota Palembang dan Pelang Kenidai meraih juara ketiga

Terdapat 18 kategori penghargaan API 2020 ini, yaitu; Objek Wisata Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Tujuan Wisata Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler, Objek Wisata Unik Terpopuler, Surga Tersembunyi Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler, Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler.

Selain itu Wisata Air Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Cinderamata Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Wisata Halal Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, dan Wisata Kreatif Terpopuler.

Total 18 kategori tersebut di atas masih ditambah dengan 2 gelar bergengsi lainnya yaitu Juara Terfavorit dan Juara Umum API Award.