Warga Desa Penyandingan Gelar Sedekah Dusun Mbatur Puyang

Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, Babinsa 404-05 Tanjung Enim dan Bhabinkamtibmas menghadiri sedekah dusun “Mbatur Puyang” yang digelar warga Desa Penyandingan, Kecamatan Tanjung Agung, Jumat (23/7/2021).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM –   Warga Desa Penyandingan, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim menggelar tradisi sedekah dusun “Mbatur Puyang” yang dilaksanakan di desa setempat, Jumat (23/7/2021).

Kepala Desa Penyandiang mengatakan sedekah dusun “Mbatur Puyang” merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh masyarakat Desa Penyandingan.

“Acara sedekah dusun ini merupakan agenda wajib yang harus kita lakukan dalam 3, 5, 7 atau 9 tahun sekali karena hal ini sudah menjadi adat istiadat dari Desa Penyandingan ini,” ungkapnya.

Baca Juga:

Akan tetapi lanjutnya, sedekah dusun ini biasanya dilaksanakan dalam 7 tahun sekali, merupakan sarana membersihkan desa, meraih keselamatan desa dari balak dan bencana.

“Sedekah ini untuk membersihkan dusun dari bala bencana musibah disertai doa – doa keselamatan. Pelaksanaannya diadakan di makam Puyang Induk Atung Bungsu yang berada di seberang sungai antara Desa Penyandingan dan Desa Seleman,” kata dia.

Acara ini dihadiri oleh seluruh warga Desa Penyandingan, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Turut hadir pula Personil Babinsa 404-05 Tanjung Enim dan Bhabinkamtibmas.

“Semua elemen masyarakat dan unsur pemerintah hadir dalam acara sedekah dusun ini dengan tujuan yang sama agar desa kita selamat dari malapetaka, bencana, maupun bala,” ujarnya.

Sementara itu, Babinsa Desa Penyandingan Kopda Ridwan mengatakan pihaknya mendukung acara sedekah dusun ini.

“Atas nama TNI dalam hal ini selaku Babinsa Desa Penyandiangan, kita sangat mendukung acara sedekah dusun ini. Karena acara seperti ini sudah jarang ditemukan dan acara adat ini salah satu peninggalan budaya Indonesia yang harus dilestarikan,” ucapnya.