Tradisi Sedekah Dusun Selou Padi, Bentuk Syukur Pada Sang Pencipta

 Warga Desa Tanjung Baru berkumpul di sedekah dusun Selou Padi, Kamis (25/3/2021).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Desa Tanjung Baru, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, menggelar sedekah Dusun Selou Padi pada Kamis 25 Maret 2021.

Kepala Desa Tanjung Baru Umi Kalsum mengatakan, kegiatan sedekah dusun ini hanya adanya di Desa Tanjung Baru yang masih terjaga serta dilestarikan.

“Sedekah Selou padi merupakan salah satu sedekah adat yang kita lakukan setiap tahun sebagai  salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena hasil pertanian di desa kita meningkatkan setiap tahunnya,” urainya.

Baca Juga:

Menurut dia, pihaknya telah membuat Peraturan Desa untuk kegiatan sedekah dusun ini.

“Sedekah Selou Padi ini sudah kita atur dalam Perdes. Jadi setiap tahun Desa Tanjung Baru akan selalu melaksanakan kegiatan sedekah Dusun Selou pada ini,” kata dia.

Um Kalsum menyampaikan rasa syukurnya atas peningkatan hasil pertanian yang ada di desanya.

“Tahun ini, ya Alhamdulillah selalu meningkatkan hasil panen kami. Kami berharap mudah mudahan tahun yang akan datang akan lebih meningkat kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, Babinsa Koramil 404-05 Tanjung Enim Sertu Riyanto yang turut hadiri dalam Sedekah Dusun Selou Padi tersebut mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kearifan lokal daerah khususnya di Kecamatan Panan Enim yang patut di lestarikan dan dijaga.

“Saya selaku Babinsa Desa Tanjung Baru ini mengapresiasi dan mendukung kegiatan sedekah dusun seperti ini. Kami berharap kearifan lokal milik desa Tanjung Baru ini dapat terus dilestarikan,,” ungkapnya.