Desa Seleman Bisa Jadi Pilot Project Pengembangan Potensi Desa di Kabupaten Muara Enim

Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar saat membuka festival durian dan launching kain jumputan dehian di kawasan wisata Lubuk Putih, Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (27/2/2021).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar menginginkan Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung menjadi pilot project pengembangan potensi desa.

Hal ini dia sampaikan dalam acara festival durian dan  launching kain jumputan dehian di kawasan wisata Lubuk Putih, Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (27/2/2021).

“Saya ingin Desa Seleman menjadi pilot project bagi pengembangan potensi desa yang ada di Kabupaten Muara Enim. Saya melihat kegigihan masyarakat di Desa Seleman dalam memajukan desanya dan ini patut dicontoh oleh desa-desa lain di Bumi Serasan Sekundang. Tapi tentu hal itu perlu dukungan dan sinergisitas dari kita semua,” kata Nasrun.

Baca Juga: Pisah Sambut Kejari, Plh Bupati Muara Enim Beri Pantun Perpisahan untuk Mernawati

Nasrun juga meminta Dinas PUPR memperbaiki jalan menuju kawasan wisata Lubuk Putih sehingga memenuhi standar daerah tujuan wisata.

“Jalan menuju lokasi destinasi ini belum sesuai standar, maka itu Dinas PUPR harus menjadikan jalan tersebut standar tempat tujuan wisata karena akses yang bagus, mudah dan cepat. Ini merupakan indikator penting dalam naikknya kunjungan wisatawan ke satu tempat wisata yang berujung pada jalannya roda perekonomian masyarakat utamanya di sekitar objek wisata tersebut,” ujarnya.

Nasrun juga meminta kerjasama dan sinergitas semua pihak agar dapat saling mendukung untuk memajukan ekonomi di Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga: Tim BRG didampingi Babinsa Koramil Gelumbang Gelar Survei Antisipasi Karhulta

“Kita harus bekerjasama saling mendukung antar lintas sektor dari atas sampai bawah. Kalau ini sudah bisa terlaksana, pertumbuhan ekonomi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Muara Enim pasti tidak terlalu lama lagi akan sesuai dengan yang kita harapkan. Karena Kabupaten Muara Enim terkenal akan sumber daya alam, sumber daya pertanian dan juga sumber daya perkebunannya,” lanjutnya.

Ia meyakini dengan adanya kekuatan ini tidak lama lagi Kabupaten Muara Enim akan menjadi salah satu tempat yang bisa menjadi andalan di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga: Terekam Kamera CCTV, Pencuri Motor di Jalan Karet Ditangkap Polisi

“Selamat atas telah di launchingnya kain jumputan dehian asli Desa Seleman. Semoga ke depan Desa Seleman dapat terus menggali potensi-potensi lainnya apalagi didukung dengan peran dari DESAKU Muara Enim dan kepada DESAKU Muara Enim saya tunggu launching-launching selanjutnya,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Desa Seleman Hairan mengatakan, kain jumputan dehian merupakan buatan masyarakat Desa Seleman.

Baca Juga: Sempat di Rawat, Pemotor yang Ditabrak KA Babaranjang di Pelitasari Meninggal

Kerajinan tersebut merupakan salah satu inovasi desa untuk memberikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan para pengrajin. Kain jumputan dehian ini, lanjut dia, sudah terjual sampai ke Belanda dan Jepang.

“Memang launcing-nya baru hari ini tapi pemasaran serta penjualannya sudah kami mulai sejak beberapa waktu yang lalu. Kami akan terus berinovasi mengembangkan segala potensi yang ada di Desa Seleman menuju masyarakat Desa Seleman yang lebih baik dan lebih sejahtera,” pungkasnya.