Pemkab Muara Enim Buka Pasar Tani dan Sembako Murah

Gelaran pasar tani dan sembako murah Pemkab Muara Enim di Lapangan Merdeka, Kota Muara Enim , Senin (12/4/2021)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Mengantisipasi terjadinya inflasi atau kenaikan harga dari barang sembako dan komoditi pertanian saat menjelang bulan suci Ramadhan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Muara Enim membuka pasar tani dan sembako murah bagi masyarakat kurang mampu, Senin (12/4/2021).

Kegiatan yang gelar di Lapangan Merdeka Muara Enim ini dibuka langsung Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar.

Baca Juga:

Nasrun mengatakan, kegiatan pasar tani tersebut sengaja dibentuk guna mengantisipasi mahalnya harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari Pemkab Muara Enim untuk memperkenalkan hasil pertanian sekaligus sebagai ajang promosi bagi para petani dan produk UMKM yang dihasilkan oleh petani dan kelompok industri rumah tangga,” ungkap dia.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga ditujukan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan terutama kebutuhan pokok serta kebutuhan lainnya.

“Kita juga menghimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak terpancing adanya kesulitan tersediannya bahan-bahan pokok saat menjelang bulan suci Ramadhan, yang dapat mengakibatkan adanya kenaikan dari bahan pokok sehingga dapat merugikan konsumen yaitu masyarakat,” lanjutnya.

Dia berharap pasar tani menjelang bulan Ramadan ini mampu menekan laju inflasi dan dapat menekan kenaikan harga di masyarakat sehingga petani dan masyarakat dapat sama-sama sejahtera.

Lebih lanjut, Plh Bupati juga berharap dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan stakeholder lainnya dapat menekan terjadinya inflasi dan menjaga stabilitas harga tetap normal hingga memasuki hari raya Idul Fitri nantinya.

“Mari kita semua menjaga stabilitas harga guna dan menekan inflasi barang di bulan suci Ramadhan dan menghadapi hari Raya Idul Fitri,” ucapnya.