Bupati Muzakir: Pendidikan Merupakan Pondasi Pembangunan Manusia

Rapat kordinasi Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim, Rabu (22/11/2017)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – – Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan pondasi dalam pembangunan manusia. Hal tersebut disampaikan Muzakir saat membuka rakor Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim, Rabu (22/11/2017) di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim.

Menurut Muzakir, pembangunan sektor pendidikan, merupakan salah satu komponen dan indikator utama Indeks Pembangunan Manusia(lPM) yang merupakan tolak ukur pembangunan manusia seutuhnya secara sehat. Sehingga akan terciptanya masyarakat yang memiliki ilmu dan pengetahuaan serta berakhlak mulia.

Muzakir mengatakan ada 3 hal yang merusak bangsa saat ini yaitu narkoba, korupsi, dan radikalisme. Generasi muda dapat terselamatkan dari ketiga hal tersebut melalui pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

“Ada tiga hal yang dapat merusak tatanan negeri yaitu narkoba, korupsi, dan radikalisme, maka dari pada itu agar generasi muda kita tidak terjerumus kepada 3 hal kuncinya adalah pendidikan yang layak dan merata bagi seluruh masyarakat,” ujar dia.

Pemkab Muara Enim, lanjut Muzakir, telah berkomitmen dalam pembangunan pendidikan serta pengembangannya, dan senantiasa melakukan terobosan dalam rangka upaya meningkatkan kualitas dan keberhasilan pendidikan di Kabupaten Muara Enim.

“Pendidikan adalah hak bagi semua masyarakat. Maka dari pada itu tidak ada perbedaan dalam mengenyam pendidikan bagi semua masyarakat karena memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan, baik mereka yang tidak mampu ataupun mereka yang berkecukupan,” tegas Muzakir.

Muzakir berharap agar semua generasi penerus bangsa di Muara Enim mendapatkan pendidikan yang layak sehingga nantinya mampu membangun Kabupaten Muara Enim lebih baik lagi ke depannya.

“Harapan saya seluruh generasi penerus kita yang ada di Bumi Serasan sekundang ini, termasuk para generasi yang berpendidikan akan mampu dan di harapkan membangun Kabupaten Muara Enim yang kita cintai ini, membangun provinsi dan negara yang kita banggakan,” lanjutnya.

Terkait rapat kordinasi tersebut, dia juga berharap kegiatan ini nantinya mampu menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Muara Enim.

“Semoga Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan akan menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. baik di bidang peningkatan mutu, prestasi Siswa, pendidikan karakter, yang akan memajukan Kabupaten Muara Enim ini,” harapnya.