Jaringan Alami Gangguan, Pemohon SIM di Muara Enim Tak Bisa Ujian Teori

AKP Adik Listiyono, Kasat Lantas Polres Muara Enim

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Muara Enim, mengalami gangguan. Ujian SIM dengan sistem online tersebut bermasalah sejak pukul 08:00 WIB, Kamis (5/4/2018).

Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Adik Listiyono, mengatakan gangguan jaringan yang terjadi bukan hanya di Satpas Muara Enim saja, namun hampir di seluruh daerah di Indonesia.

“Ya, ada gangguan di komputer ujian teori, karena sekarang sudah sistem online menggunakan internet. Kita sudah berkoordinasi dengan Korlantas Polri, soalnya aplikasi itu berbasis sentral, terpusat di Korlantas Polri,” jelas Adik, yang dihubungi via telepon, Kamis (05/04/2018).

Menurut Andik, pihaknya tidak tau kapan jaringannya akan kembali normal.

“Kita tidak tahu kapan sistem ujian ini kembali normal. Kita himbau masyarakat yang sudah datang hari ini untuk kembali lagi besok (red Jum’at),” ucap dia.

Pihaknya juga meminta maaf karena gangguan jaringan tersebut mengakibatkan pemohon terhambat mengikuti ujian SIM.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas masalah yang terjadi ini. Mudah-mudahan besok sudah tidak ada masalah lagi, sehingga masyarakat bisa mengikuti ujian pembuatan SIM,” ucap dia.

Sementara itu, salah seorang masyarakat pemohon SIM, Ardi (30) mengaku baru mengetahui pelayanan SIM tak beroperasi saat dirinya datang ke Satpas SIM Satlantas Polres Muara Enim, Kamis (5/4/2018) sekitar pukul 09:00 WIB.

“Rencananya datang mau perpanjang SIM, tapi petugas bilang hari ini tidak bisa cetak, katanya ada gangguan server di pusat,” katanya.

Karena ada gangguan teknis itu, dirinya terpaksa pulang. “Disuruh petugas besok kesini lagi, mungkin besok server sudah kembali normal,” tutupnya.