Ada KTP-el Muara Enim Tercecer di Bogor, Ini Penjelasan Kadisdukcapil

Ribuan KTP-el ditemukan di Simpang Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor (26/5/2018) kemarin.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Ribuan KTP elektronik (KTP-el) ditemukan tercecer di Simpang Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (26/5/2018). Foto yang beredar ada KTP-el tersebut bertuliskan Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Muara Enim, Iqbal Romzi, saat dikonfirmasi awak media, membenarkan jika KTP-el itu milik warga Muara Enim. Namun menurutnya, KTP-el tersebut dalam kondisi rusak atau invalid.

“Itu KTP-el nya rusak dan invalid. Sebelumnya warga yang namanya tercantum pada KTP-el itu beralamat di Kecamatan Gunung Megang, tapi sekarang setelah pemekaran jadi Kecamatan Belimbing,” terang Iqbal, Senin (28/05/2018) saat ditemui di ruangannya.

Dirinya berharap, agar masyarakat tidak khawatir terkait kejadian KTP-el tercecer itu. Sebab pihanya memastikan jika KTP-el itu sudah rusak dan invalid.

“KTP-el yang rusak itu rencananya akan dipindahkan oleh Dirjendukcapil dari gundang induk ke gudang yang ada di Bogor. Soal KTP-el mengapa bisa tercecer, itu kesalahan yang membawanya. Tapi sekarang hal itu sudah ditangani oleh Polres Bogor,” pungkasnya.

Sebelumnya, warga Bogor sempat dikejutkan dengan terjatuhnya sebuah kardus berisi KTP-el dengan alamat Sumatera Selatan dari truk di Simpang Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (26/05/2018).