Wujudkan Akses Universal 100 Persen

Rakor Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar rapat koordinasi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) di ruang rapat Pangripta Nusantara kantor Bappeda Muara Enim, Kamis (24/5/2018).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Hasanudin, saat membuka rakor itu menyebutkan, rakor ini mensinkronkan program percepatan penerapan universal akses 2019.

Menurut Hasanudin, layanan sanitasi di Kabupaten Muara Enim hingga 2017 sudah mencapai 91,7 persen. Angka ini, kata dia, di atas akses sanitasi layak Provinsi Sumatera Selatan, yakni 78,62 persen.

“Layanan sanitasi ini masih kurang 8,3 persen menuju akses 100 persen. Sedangkan akses air minum layak, Muara Enim baru capai 72,17 persen. Artinya masih ada masyarakat belum bisa akses air minum layak sebesar 27,83 persen,” ucapnya.

Untuk mewujudkan tercapainya program 100-0-100, yaitu 100 persen akses pelayanan air bersih, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak, Sekda mendorong semua pihak, termasuk perusahaan/dunia usaha yang beroperasi di Bumi Serasan Sekundang agar turut terlibat mencapai akses universal ini.

“Sepanjang tidak bertentangan dengan aturan, dana desa yang digulirkan pemerintah pusat ke setiap desa, bisa juga digunakan untuk mewujudkan tercapainya akses pelayanan air bersih dan akses sanitasi layak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Muara Enim, Abdul Nadjib, dalam laporannya disampaikan Kabid Infrastruktur, Budiman menjelaskan, rakor dihelat untuk meningkatkan koordinasi antar pelaku pembangunan air minum dan sanitasi.

“Peserta rakor ini sebanyak 80 orang terdiri dari Kepala OPD lingkup Kabupaten Muara Enim, perwakilan perusahaan/dunia usaha, perguruan tinggi, Pamsimas, Kotaku dan yang lainnya,” terangnya.

Hadir para narasumber dalam rakor ini diantaranya Kasubdit Sanitasi Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Bappenas Wahanudin, dan perwakilan Bappeda Sumsel.