Pemkab Muara Enim Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Senin (4/6/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Pemkab Muara Enim, Senin (4/6/2018).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “bersatu, berbagi dan berprestasi” diikuti unsur FKPD, SKPD, pelajar, mahasiswa, Toga, Tomas, dan dari jajaran kepolisiaan serta TNI.

Membacakan sambutan Presiden RI Jokowi, Muzakir mengatakan, Pancasila telah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahun. Selama itu, lanjutnya, telah banyak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

“Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila sufah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” kata dia.

Sebagai bangsa majemuk yang terdiri dari 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat  persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, dia mengajak semua masyarakat agar terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. “Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” tegasnya.

Dikatakannya, semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Dirinya berharap bulan ramadhan dapat manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

“Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat,” lanjutnya.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, lanjut dia, Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kekuatan kolektif bangsa, lanjutnya juga harus diperkokoh serta tidak boleh mengahambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.

“Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para Atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini. Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyiba wa rabbun ghafur,” harapnya.